Baru-baru ini Toyota Jepang mengeluarkan pernyataaan tentang kendaraan barunya, i-Road yang akan digunakan untuk transportasi public di Jepang. Uniknya, hal biasa ini menjadi menghebohkan karena i-Road bukanlah kendaraan biasa melainkan kendaraan listrik beroda tiga yang super kompak.

Maka dari itu Toyota dan mitranya, Park24 selaku perusahaan penyedia jasa kendaraan telah menetapkan syarat-syarat untuk menggunakan i-Road. Seperti dilansir technologytell, sang penyewa harus terlebih dahulu bersedia mengikuti kelas pelatihan wajib i-Road. Disana mereka akan diajarkan bagaimana mengoperasikan kendaraan listrik tersebut dengan aman dan nyaman.

Selain itu para pengguna juga diharuskan untuk masuk ke website Park24 untuk mengecek ketersediaan kendaraan i-Road. Ya, i-Road dikembangkan secara terbatas, hanya ada lima buat yang disewakan Park24 dan dikenakan biaya sebesar 425 yen atau sekitar 50 ribu rupiah per 15 menit Waktu penggunaan maksimumnya sendiri mencapai 2 1/2 jam.

Uji coba akan dimulai dari 10 April hingga 30 September mendatang. Data dan umpan balik pengguna selanjutnya akan dikumpulkan demi perkembangan sistem mobilitas baru di masa mendatang.