Impresi berkendara sporty masih jadi pengalaman mengemudi yang paling banyak diincar. Guna mewujudkannya, pemilik kendaraan kerap melakukan berbagai ubahan. Khusus pemilik New Mazda CX-5, tak perlu repot lagi karena MMI dikabarkan tengah menyiapkan fitur tersebut.

Dari sederet item yang disuguhkan, paddle shift merupakan komponen yang paling dikedepankan.

Paddle shift tersebut merupakan kelengkapan opsional dan MMI akan me-launching kira-kira sebulan dari sekarang,” ujar Iwan Majjalekka, Parts & Accessories Manager, PT Mazda Motor Indonesia, di Tangerang, Banten, Rabu (26/8).

Ia menambahkan, secara teknis komponen tersebut sudah cocok dengan spesifikasi unit yang beredar di Indonesia. Pengembangannya pun berkaca dari adanya permintaan komponen paddle shift dari pemilik CX-5 di Tanah Air. Nantinya, paddle shift yang bisa diaplikasikan pada semua tipe CX-5 tersebut akan dinderol sekitar Rp 4.500.000, belum termasuk jasa pemasangan.

Di GIIAS 2015, MMI sengaja memajang satu unit CX-5 dengan aksesoris lengkap. Iwan menjelaskan, langkah tersebut merupakan bagian dari upaya pengenalan asesoris yang akan diluncurkan.

Masih kata Iwan, “Dengan penambahan aksesoris, customer bisa membuat eksterior lebih macho. Selain itu asesoris juga berguna menambah fitur, seperti paddle shift tadi. Aksesoris juga bisa mengubah nuansa interior.”

Bisa dipastikan tak ada ubahan berarti yang harus dilakukan pada proses pemasangan karena komponen paddle shift tersebut bersifat plug and play.

Namun, mengingat nilai tukar rupiah yang terus merosot, masalah pengadaan komponen Mazda sempat dipertanyakan. Pada konfrensi pers di booth-nya pada ajang pameran otomotif GIIAS 2015 hari ini (26/6), MMI menjelaskan penyesuaian harga tidak akan dilakukan secara tiba-tiba.

Dengan kata lain, MMI masih akan melakukan pemantauan situasi sebelum memutuskan untuk merevisi harga. “MMI akan me-review kondisi terkini. Namun pertimbangannya adalah cost of ownership. Artinya, kita akan menjamin harga komponen kita dalam batasan terjangkau oleh customer,” pungkas Iwan.