Sekitar 120 pengguna motor Royal Enfield yang tergabung dalam komunitas Royal Riders Indonesia (RORI) melakukan historical touring di Jakarta, Minggu (20/8). Melewat jalan-jalan protokol Ibukota, pawai kemerdekaan juga mengunjungi lokasi-lokasi yang dinilai memiliki nilai sejarah.

Historical riding itu kita mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan mempunyai nilai history, misalnya Monas (Monumen Nasional), Gedung Arsip Nasional, Kota Tua dan, Gedung Juang,” ujar Captain RORI Donny Hendaris.

Selain melakukan riding bareng, komunitas ini pun menunjukkan rasa nasionalisme dengan melakukan upacara bendera sebagai. Sebelum kemudian agenda diisi beragam kegiatan menarik seperti games.

Jadi parade kemerdekaan itu intinya satu upacara bendera yang ke dua historical riding yang ketiga hiburan dan games,” sambung Donny.

Secara keseluruhan, aganda kegiatan ini ditujukan untuk menekankan pentingnya semangat nasionalisme yang patut dimiliki setiap individu bangsa Indonesia. Upaya memelihara rasa nasionalisme begitu penting, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Di mana kemajuan kehidupan modernnya berpotensi membuat individu meninggalkan semangat nasionalimes tersebut.

Selain mengadakan di Jakarta, RORI juga mengadakan parade serupa pada saat yang bersamaan di Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Bromo, Bali, dan Bandar Lampung melalui chapter masing-masing. Acara didukung sepenuhnya oleh Royal Enfield, PT Distributor Motor Indonesi. (DMI).

“Dan didukung oleh Kreasi Produksi, Kick Start Motor, Relaxseat Modification, Kilometer.Inc, Brager, Mat Kopi, Good Chicken, Kopi Ono, dan Aqudo,” ucap Presiden RORI Donny Hendaris.