Berlangsung sejak medio 1979, Rally Dakar menjadi salah satu olah raga ekstrim yang mengandalkan ketangguhan rider dan motornya. Tahun 2022 gelaran Rally Dakar sudah berlangsung sejak bulan Januari 2022.

Sejak Rally Dakar 1979 ternyata ada motor yang menjadi penyumbang podium terbanyak. Bahkan pabrikan KTM mampu mempertahankan podium berturut-turut sebelum akhirnya dipatahkan oleh tim Honda.

Nama Sam Sunderland kembali mencuat usai membawa pabrikan Gasgas naik podium di Dakar 2022 kategori motor. Memasuki etape 12 rute Bisha-Jeddah sejauh 516 km, Sunderland berhasil bertahan dari gempuran rival lainnya. Pablo Quintanilla (Monster Energy Honda) Chili tidak bisa menutup celah 3’27” menit terhadap Sunderland, dan menjadi runner-up.

Sunderland yang finis ke-8 di Etape 12 hari itu, tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya, “Sejujurnya, saya tidak bisa lebih bahagia! Tahap terakhir ini cukup sulit dan menegangkan… Ada banyak navigasi yang harus dilakukan, dengan banyak catatan rumit, kadang-kadang saya takut akan sedikit membingungkan dan saya tidak yakin saya akan menuju ke arah yang benar. Saya benar-benar berpikir kepala saya akan meledak!”

Jika melihat sejarah Dakar kategori sepeda motor, pabrikan KTM dan Yamaha menjadi penyumbang podium terbanyak usai 45 kali penyelenggaraan Dakar.

Motor pabrikan asal Austria berlabel KTM memang cukup dikenal dengan motor off-road, terlebih dalam kejuaraan Rally Dakar sudah 18 kali juara. Dari prestasinya tersebut motor KTM 450 yang mampu dipacu 280km/jam menyumbang podium terbanyak bersama tim Red Bull KTM yaitu 9 kali.

Bahkan Sam Sanderlan di tahun 2017 sempat memberikan podium melalui pabrikan KTM. namun di tahun 2018 tim Monster Energy Honda Rally berhasil mematahkan juara berturut – turut tim KTM dengan Honda CRF 450 rally berbekal mesin satu silinder dengan tenaga 51 dk pada 6.500rpm.