Sejak 2006 Toyota Astra Motor (TAM) telah melakukan pengembangan lokal untuk sejumlah komponen mobilnya. Dengan cara ini berarti produsen bisa menghasilkan produk yang lebih sesuai karakteristik konsumen dalam negeri.

Tugas ini diserahkan kepada C&A Planning and Design Department. Seiring perjalanan waktu, departemen yang berada di bawah divisi Product Planning & Development ini juga telah berhasil mengembangkan sejumlah kendaraan untuk show model seperti Agya Kojo, Yaris Heykers, Yaris Legian dan Veloz Tigre.

Khusus Yaris Heykers, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto bilang, “Kami bersyukur, TAM sudah mendapat persetujuan dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk menjadikan Yaris Heykers sebagai salah satu line-up di Indonesia dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, seperti terlihat dari kontribusinya sekitar 50% dari total penjualan Yaris.”

Sedikit menengok belakang, Soerjo mengatakan, TAM telah mengembangkan desain komponen (parts) lokal sejak 2006 dengan desain pertama yaitu Front Grille Ornament untuk Toyota Vios. Sejak itu, C&A Planning and Design Department sebagai penanggung jawab terus mengembangkan desain local parts untuk model Toyota yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Innova dan Fortuner.

Bahkan, sejumlah komponen yang dikembangkan TAM telah berhasil diekspor ke beberapa negara melalui 4 produk Toyota yaitu; Innova, Fortuner, Yaris dan Agya.