Motor yang identik dengan gaya sport retro ternyata masih nyaman untuk dibawa riding jarak jauh. Seperti di wilayah Kalimantan pengguna motor Yamaha XSR 155 jelajahi aspal di Pontianak.

Tempat – tempat bernuansa alam pun menjadi salah satu obyek yang digemari oleh para bikers. Dan pengguna Yamaha XSR 155 menjelajahi dengan kegiatan yang disebut Ride to Nature.

”Area Kalimantan sangat luas dan banyak alamnya, hutan lebat. Membuat kami makin bersemangat dan antusias untuk touring melewati kawasan seperti itu. Jalanan di sini tipikalnya bujur (lurus) lalu ada tikungan dan tikungan lagi yang kami sebut “tikungan ci luk ba,” ungkap Jeffrey Kristian Hia, konsumen XSR 155 yang juga Ketua Umum XSR Brotherhood Indonesia (XBI) Pontianak.

Meskipun kondisi terbatas saat ini karena pandemi, di awal tahun 2021 lalu Jeffrey bersama member XSR Brotherhood Indonesia (XBI) Pontianak lainnya sempat melakukan touring panjang merambah alam dan hutan menuju Ketapang. Dalam waktu 12 jam dari Pontianak, mereka tiba di salah satu area di Kalimantan Barat itu dan menginap dua malam di sana.

”Kami bersilaturahmi menyambangi para biker XSR 155 di sana, antusiasme mereka tinggi dan punya potensi besar untuk terbentuknya chapter komunitas XBI di sana. Selain itu, kami pun ambil bagian melakukan bakti sosial bersama. Ini pengalaman menyenangkan, dengan XSR 155 perjalanan Ride to Nature jadi semakin enjoy karena didukung ban dual purpose untuk kenyamanan, Assist & Slipper Clutch bikin ganti gigi lebih halus. Dan ketika riding malam hari melewati hutan, lampu LED motor ini sangat membantu jarak pandang yang lebih luas,” tambah Jeffrey.

Selain Ketapang, perjalanan Ride to Nature yang dijalani komunitas XBI Pontianak adalah ke Singkawang sekaligus menikmati keindahan alam wisata pantai, bersilaturahmi dengan pengguna XSR 155 di sana serta memperluas jangkauan komunitas tersebut.

Saat ini chapter XBI di area Kalimantan tersebar di berbagai wilayah yaitu Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya dan Sambas.