Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016, merupakan kali ketiga gelaran pameran akbar diecast di tanah air ini digelar. Pertama kali IDE digelar pada 2014 lalu, dengan perolehan angka pengunjung yang luar biasa.

Dalam dua hari penyelenggaraan, IDE 2014 lalu tercatat dihadiri oleh 12.000 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai miliaran rupiah. Pameran diecast besar pertama kalinya di Indonesia saat itu, menjadi magnet untuk menciptakan sebuah antusiasme bagi para pemburu diecast yang diantaranya merupakan pehobi, kolektor dan juga penjual diecast.

Sukses besar hajatan diecast pertama kalinya, membuat penyelenggara mengagendakan untuk membuat sekuel dari 1st Indonesia Diecast Expo 2014 tersebut. Penyelenggaraan kedua Indonesia Diecast Expo 2015, kembali dilangsungkan di Balai Kartini, Jakarta.

Tak sebaik perolehan pertamanya, pada 2nd IDE 2015 tahun kemarin, pihak penyelenggara hanya mencatat angka pengunjung sebanyak 10.000 orang. Turunnya angka pengunjung pada gelaran IDE kedua, justru malah membuat optimis pihak penyelenggara 3rd Indonesia Diecast Expo 2016 untuk membuat acara kali ketiga ini jadi lebih menarik. Dengan harapan mendapat pengunjung lebih banyak.

img_0543-rs

Arya Lembana, Ketua Penyelenggara IDE 2016 menyebutkan turunnya pengunjung IDE kedua 2015 lalu dikarenakan faktor iklim. Hujan yang turun terus menerus dan terjadinya banjir di beberapa lokasi pada  hari kedua penyelenggaraan menjadi pemicu sepinya pengunjung IDE 2015.

Arya menambahkan, “Memang tak bisa disalahkan, namanya juga faktor alam dan kuasa Tuhan. Bahkan ada rekan kami komunitas diecast dari Depok yang berniat datang ke Balai Kartini, terpaksa harus putar balik di tengah jalan akibat genangan air yang menghadang di jalan,”.

Pria berkacamata ini dan seluruh panitia penyelenggara optimis, pada penyelenggaraan 3rd Indonesia Diecast Expo 2016 pada 29-30 Oktober nanti akan ramai dikunjungi para peminat mainan model ini. Sehingga pihak penyelenggara menargetkan, IDE 2016 akan dikunjungi lebih dari 15.000 orang.

“Yah, mudah-mudahan saja cuaca bagus dan mendukung, sehingga kejadian seperti tahun lalu tak terulang,” tutup Arya saat konfrensi pers IDE 2016.

3rd Indonesia Diecast Expo 2016 diperkirakan akan menampilkan ribuan koleksi diecast baik yang umum maupun spesial dari para kolektor di tanah air. Dengan tema Japan Domestic Market, diharapkan IDE 2016 akan memberikan warna berbeda dari pameran-pameran diecast sebelumnya yang diselenggarakan IDE.

img_0590-rs