Matic Yamaha Mio jadi buntut kompetisi penjualan matic antara Yamaha dan Honda. Yamaha Mio series sudah lebih dulu diperkenalkan sejak 2003 sementara kompetitornya baru diperkenalkan pada 2006.

Kedua pabrikan yang berasal dari Jepang menguasai pasar sepeda motor Indonesia, terbukti dengan tingginya angka penjualan setia tahun. Desain yang menarik dan perfoma yang cukup untuk diajak mobilitas keseharian memjadi daya tarik dari Honda dan Yamaha.

Honda Vario Generasi Pertama 2006

PT Astra Honda Motor secara resmi mengenalkan matic Honda pertama di Indonesia pada tahun 2006. Kehadirannya sangat jelas untuk mengantisipasi tren motor matic yang terus menjamur di Indonesia. Dan tentunya untuk bersaing dengan Yamaha Mio.

Usai diperkenalkan Yamaha Vario 110 sukses menghantam pasar matic 110cc berkat dimensi yang lebih besar. Sementara spesifikasi mesin tidak jauh berbeda yaitu mesin 4-langkah SOHC dengan 2 katup yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,9 PS @ 8.000 rpm.

Honda Vario Generasi Kedua 2009

Usai tiga tahun diperkenalkan Honda Vario kembali mengalami peremajaan. Pada generasi keduanya Honda Vario 110 mengalami ubahan pada sisi desain dan pembaharuan pada teknologi terbarunya yaitu Combination Brake Sistem (CBS).

Lebih dikenal dengan Vario Tecno, desain generasi keduanya membuat Vario lebih modern. Ditambah teknologi CBS yang bisa menahan laju motor, CBS baru akan bekerja ketika pengendara menarik rem depan dan belakang ditarik bersamaan.

Honda Vario Generasi Ketiga 2012

Usai membidik pasar 110cc kini Honda Vario meluaskan segmen ke pasar 125cc untuk bersaing dengan Yamaha Mio series. Lebih dikenal dengan Vario 125 FI generasi ini mendapat banyak penyegaran dari generasi sebelumnya.

Selain peningkatan kapasitas mesin menjadi 125 CC, kini penggabutan menggunakan Programmable-Fuel Injection (PGM-FI) + 4-langkah SOHC dengan 2 katup, tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 11,3 PS @ 8.500 rpm.

Honda Vario Generasi Keempat 2014

Dikelas 110 cc Honda memiliki 2 jagoan yaitu Honda BeAT dan Honda Vario 110cc. Pada Vario 110 eSP, tampilannya kembali pada generasi pertama dengan menyematkan mesin Honda BeAT kapasitas mesin 108 CC, daya yang dihasilkan sebesar 8,52 PS/8.000 rpm.

Sementara Honda menggunakan teknologi baru bernama Answer Back System yang berfungsi memudahkan pengendara dalam mencari motor di lokasi parkir. Dan ditahun 2015 PT Astra Honda Motor membagi Honda Vario menjadi 3 pilihan yaitu Honda Vario 110 eSP, Honda Vario 125 eSP, dan Honda Vario 150 eSP.

Memiliki tagline “Ride The Perfection” Honda Vario 125 eSP hadir dengan berbagai fitur menarik seperti mesin eSP, PGM-FI, CBS, dan Idling Stop System. Soal mesin, kapasitas varian ini adalah 125 CC, terbilang lebih besar daripada Vario 110 eSP.

Terakhir yaitu Honda Vario 150 eSP. Mengenai fitur tak jauh berbeda dari Vario 125 eSP. Bedanya, kubikasi mesin Vario 150 eSP sedikit ditingkatkan.

Honda Vario Generasi Kelima 2018

Secara bersamaan Vario generasi ke lima diperkenalkan secara bersamaan dengan pembaharuan yang tidak jauh berbeda seperti pencahayaan yang sudah full LED, panel instrumenya full digital dan pada headlamp-nya juga sudah disematkan DRL (Daytime Running Light).

Digenerasi ini Honda Vario juga sudah dibekali keyless system, yang sudah tidak lagi pakai kunci konvensional. Perbedaan yang tampak hanya pada sisi pelek, piringan cakram dan foot step belakang.

Honda Vario Generasi Keenam 2022

Digenerasi keenam PT AHM memberikan pembaharuan yang cukup signifikan pada Honda Vario. Tidak lagi menggunakan mesin berkapasitas 150, kini Honda Vario berkapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm @7000 rpm.

Yang cukup menarik adalah bagian bodi depan yang berundak – undak sehingga membuat tampilan Honda Vario 160 jadi lebih besar. Sementara pada sisi fitur generasi keenam tidak mengalami banyak pembaharuan dari generasi sebelumnya. Sedangkan AHM memasarkan All New Honda Vario 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25.800.000,-untuk tipe CBS dan Rp 28.500.000,- untuk tipe ABS

Sangat jelas digenerasi keenam Honda Vario 160 cc akan bersaing dengan Yamaha Aerox. Jika dilihat dari perjalananya Honda Vario terbilang brutal dari yang awalnya ditempatkan pada lineup matic 110cc kini berkembang jadi matic 160cc.

Kedua pabrikan sama – sama mengklaim produknya yang sporty. Menurut Anda mana yang lebih cocok dikatakan sporty jika melihat dari sisi desain dan kapasitas mesin?