Penggemar luxury Multi Purpose Vehicle (MPV) tentu akan sangat senang mendengar kabar gembira ini. Pasalnya, Toyota sebagai manufaktur otomotif terbesar di Jepang tersebut akhirnya merilis sebuah MPV mewah untuk pasar domestik dan akan diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 46th di penghujung Oktober ini.

Mobil yang akan mengantungi identitas sebagai Toyota GranAce ini merupakan kembaran dari Toyota Granvia dan Toyota Majesty di Thailand. Kedua negara tersebut sudah terlebih dahulu menerima produk baru MPV luxurious dari Toyota pada awal 2019 ini.

Toyota GranAce merupakan pengembangan dari Toyota HiAce H300 generasi keenam. Dimensinya menyerupai people carrier ternama dengan dimensi panjang 5,3 meter. Di Jepang, Toyoto Gran Ace akan punya opsi 3 baris 6 kursi penumpang dan 4 baris 8 kursi penumpang.

Tampilan eksterior keduanya punya tampilan serupa dengan grille krom berdimensi masif, lampu LED ganda dan pelek berdesain serupa.  Pun begitu dengan interiornya yang dihiasi trim kayu dan kombinasi warna. Baris kedua dan ketiga menampilkan kursi model pilot seat.

Hanya da satu opsi mesin, yakni diesel 2.8 liter berkode 2GD-FTV yang serupa digunakan oleh Toyota Fortuner, Toyota HiLux Revo dan Toyota HiAce versi luar Indonesia. Sumber pacu diesel ini dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-kecepatan.

Meski satu basis dengan HiAce H300, namun Toyota GranAce punya perbedaan pada sistem ayun belakang yang menggunakan trailing-link rigid-axle untuk kenyamanan dan pengendaraan yang mewah, nyaman, dan juga stabil.

GranAce akan dilengkapi dengan rangkaian fitur Toyota Safety Sense, termasuk a pre-collision safety system (PCS) with pedestrian dan daytime cyclist detection. Ada juga Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes (Stationary Objects), yang mengurangi kerusakan akibat tabrakan selama mengemudi kecepatan rendah.

di Indonesia sendiri, nelum ada kejelasan apakah Toyota GranAce akan dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor di Indonesia. Kita tunggu saja.