Dalam upayanya meningkatkan bisnis kendaraan komersil kelas berat di tanah air, PT UD Trucks Indonesia memutuskan untuk merakit varian andalannya, Quester di Indonesia. Mengandeng grup Astra International lewat PT Tjahja Sakti Motor dan PT Gaya Motor, PT UD Trucks Indonesia meresmikan pabrik perakitan pertamanya di Sunter, Jakarta.

Di lahan seluas 12.000 meter persegi, pabrik perakitan yang telah di standarisasi oleh Volvo Group ini mampu memproduksi hingga 200 unit Quester sebulannya. Kapasitas tersebut sifatnya fluktuatif, tergantung pemesanan jumlah unit oleh konsumen.

res-img_2863

Plan Division Head PT Gaya Motor, Hery Kustianto menyebutkan dalam satu jalur produksi selama 70 menit, pabriknya dapat merakit 1 unit Quester dengan berbagai jenis. Artinya dalam satu shift kerja, pabrik kami dapat memproduksi sebanyak 8 unit Quester.

Lebih lanjut pria yang juga mengepalai pabrik perakitan untuk BMW menjelaskan proses perakitan yang begitu cepat lantaran sudah tersedianya komponen pendukung di setiap stall. Terdapat lebih dari enam stall untuk satu unit jalur produksi Quester. Mulai dari sasis, intsalasi suspensi dan under carriage (kaki-kaki),  pemasangan gardan penggerak, pemasangan mesin lengkap hingga pemasangan kabin assy dan instalasi kelistrikan.

res-img_2872

Meski seluruh komponen masih didatangkan impor dari Jepang, namun 200 Sumber Daya Manusia yang terlibat di proses perakitan Quester ini telah di sertifikasi oleh pihak prinsipal UD Trucks. Pabrik perakitan dengan nilai investasi sebesar USD 3 juta inipun diharapkan dapat berkontribusi penuh terhadap perkembangan UD Trucks di Indonesia, khususnya pada kelas heavy duty truck.

res-img_2870