Budaya cashless society terus digerakkan oleh pihak perbankan guna mempermudah transaksi. Oleh karenanya PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Mastercard guna bekerja sama dalam menunjang sistem pembayaran elektronik untuk transaksi di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di Indonesia.

Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya kedua belah pihak dalam mendorong transaksi non tunai atau cashless di SPBU, sekaligus memperluas akses konsumen dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu yang dikeluarkan dari berbagai issuer terutama yang berlogo Mastercard.

“Terjalinnya kerja sama dengan Mastercard ini, merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia dalam bertransaksi di SPBU,” kata Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero), Jumali.

Tidak dapat dipungkiri,  transaksi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU dengan tunai masih menjadi kebiasaan masyarakat, namun dengan upaya Pertamina menggandeng berbagai pihak, diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai. Kerja sama dengan Mastercard juga merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap kebijakan Bank Indonesia untuk menciptakan cashless society sehingga pembayaran dapat lebih praktis, aman dan nyaman.