Ada yang berbeda dari penyelenggaraan Dakar Rally tahun ini. Jika di tahun-tahun sebelumnya reli terpanjang di dunia ini melintasi tiga negara, yakni Bolivia, Argentina dan Paraguay, di tahun 2019 ini  penyelenggaraan Dakar Rally hanya berkonsentrasi di Peru saja.

Ini merupakan sejarah baru bagi Reli Dakar dimana hanya ada satu negara penyelenggara saja. Meski begitu Dakar Rally 2019 tetaplah memiliki tantangan tersendiri yang diminati oleh pesertanya. Tercatat 534 peserta dari 61 negara turut meramaikan Dakar Rally 2019.

Dakar Rally 2019 yang berlangsung mulai 6 Januari hingga 17 Januari mendatang akan menempuh jarak sejauh 2.951 km untuk motor dan 3.096 km untuk kategori roda empat atau lebih. Balapan sendiri akan dimulai dari Lima dan kembali berakhir di ibukota Peru tersebut.

Melintasi pesisir pantai Barat dan Selatan Peru, Reli Dakar 2019 mengambil titik start di Costa Verde de Magdalena. Kemudian peserta akan menjalani hingga 10 stages yang berada di wilayah Lima, Pisco, San Juan de Marcona, Arequipa, Moquegua dan kembali ke Lima.

Meski diklaim Dakar Rally 2019 menggunakan lintasan yang lebih pendek dari tahun sebelumnya, namun menu rintangan yang diberikan penyelenggara terhadap para jagoan padang pasir ini tidaklah mudah. Mereka akan berlaga dalam lima kategori kendaraan, seperti sepeda motor, quad bike (ATV), mobil, SxS (UTV) dan truk.