Sebelum memasuki era SUV, CUV dan turunan-turunannya yang lain, sedan atau saloon berukuran sedang sangat digemari bagi mereka yang sudah berkeluarga. Penampilan yang mewah dan kabin yang nyaman. Belum lagi kapasitas ekstranya yang sanggup memuat semua anggota keluarga plus barang bawaan jika ingin berkunjung ke luar kota. Yah, tapi itu dulu.

Kini di 2015 pangsa pasar itu sudah dijamah oleh SUV dan hampir-hampir disisakan tidak bernyawa. Well di beberapa region memang terbukti benar namun untuk dataran Eropa dan sekitarnya, tetap ada penggemar setia dan pesonanya tidak dapat tergantikan. Mungkin itulah alasan Mazda masih tetap percaya diri untuk memperbaharui andalan mereka di segmen ini, Mazda6.

Mazda 6 facelift 2015 merupakan versi pembaharuan untuk dataran Eropa dan sekitarnya. Meski begitu tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana sih perubahan yang ada pada sedan mewah ini. So mari kita tengok satu persatu perubahannya.

Sebelumnya memang sudah kami singgung tentang kata sedikit. Ya, perubahan di edisi 2015 memang tergolong ringan tapi juga tidak buruk. Bahkan mereka yang berharap tersebut sebenarnya sudah diwanti-wanti di bulan Desember tahun lalu tentang perkara ini, bahwasanya Mazda6 akan datang dengan perubahan eksterior yang minim, peralatan standar namun dengan selipan-selipan yang cukup asik.

Mengapa? Mazda tentunya tidak ingin julukan Best Large Family Car dan Best Estate Car yang sempat disematkan di tahun-tahun sebelumnya lengser begitu saja. Banyak pemain bukan berarti dia harus loyo. Maka dari itu muka depan diperindah sedikit dengan selipan kkrum baru di girl depan dengan sirip yang sedikit tajam di bumper. Lampu ekor pun sudah menggunakan LED baru dan pelek alloy 19 inci hadir.

Bila menginginkan perubahan yang cukup kentara pembeli dapat saja memesan spek atas Sport Nav yang menganut hidng, gril dan sayap krom yang baru. Lampu depan baru dengan LED dan DRL. Tidak heran sih memang hanya disertakan sedikit, soalnya mobil ini sudah termasuk paling ganteng di kelasnya sejak dulu.

Dan karena ada kata tapi, maka kita kupas hal tersebut dalam bagian ini. Perubahan yang paling kentara adalah di bawah permukaan, dimana Mazda telah menciptakan sebuah pengaturan yang lebih empuk dan menyenangkan dengan tujuan pengembangan model-modelnya ke depan.

Diesel masih mendominasi pasar ini, jadi untuk Mazda6 facelift 2015, mesin diesel SkyAktiv 2.2-liter 173 hp dikawinkan dengan girbok manual enam-percepatan mazda guna memberikan hasil yang maksimal baik dalam segi performa maupun esifiensi. Itu di spek atas. Bagi mereka yang menaruh prioritas tertinggi di biaya jalan, pabrikan sudah menyiapkan jalan dengan mesin yang sama namun berkekuatan 148 hp. Lebih baik daripada kompetitor-kompetitor lainnya.

Perihal kabin tampaknya tidak perlu menjadi omongan, sebab bagian inilah salah satu unggulan jualan Mazda6. Vibrasi luar tetap minim hingga tidak ada suara mesin terdengar dari dalam. Untuk peredam kejut kini Mazda6 Facelift 2015 hadir lebih empuk hingga sanggup menutupi permukaan jalanan yang tidak rata di beberapa negara.

Dibandingkan kompetitornya, Mazda6 memang kita anggap masih di atas. Mungkin saingan tertinggi dan sepadan adalah VW Passat yang mencoba mendesak dari segi kemewahan. Namun sekali lagi, ini adalah sebuah sedan yang tidak akan terlupakan saat seseorang sudah memilikinya. An Unforgettable Saloon.

image: Autoexpress.co.uk