Tidak hanya memajang produk-produk andalan sebagai magnet pengunjung, sebagian peserta gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 juga mengenalkan buah inovasi terkini yang diterapkan pada produknya.

Salah satunya adalah PT Robert Bosch Indonesia yang mengenalkan perangkat Anti-lock Braking System (ABS) 10.  Teknologi pengereman ini diklaim dapat meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan berkendara dan dapat ditanamkan pada motor dengan kubikasi mesin kecil seperti motor bebek dan skutik.

“AISI sangat mendukung penggunaan teknologi ABS. Kami akan melihat lebih dulu kesiapan industri untuk penggunaan ABS di produk-produknya. Jadi jangan membuat regulasi namun produk ABS tidak ada. Mungkin realisasinya pada satu atau dua tahun lagi,” ujar Gunadi Sinduwinata, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

Berbeda dengan Bosch, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan tren anyar di kelas skutik lewat teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) serta Yamaha Diagnostic Tools (YDT) versi 3 (F1 Ready Advanced), yang merupakan sistem untuk mendiagnosa performa mesin Yamaha yang telah menggunakan sistem injeksi secara online.

”Inovasi yang terus dilakukan Yamaha dengan melahirkan teknologi terbaru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Blue Core dan VVA adalah jawaban Yamaha yang diterima dengan baik oleh masyarakat. Kami pun ingin kembali memperlihatkannya di ajang IMOS agar publik dapat tepat memilih produk yang berkualitas dan berteknologi tinggi,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Sementara PT Astra Honda Motor (AHM) mengusung teknologi terbaru throttle by wire pada CBR1000RR Fireblade. Teknologi ini menjaga performa tetap optimal di semua putaran mesin. Pada kompresi 13:1 saja mobor ini bisa menghasilkan tenaga 190 daya kuda. Fitur kerselamatan baru lainnya adalah 5-axis Inertial Measurement Unit (IMU) untuk membaca semua gerakan motor, sehingga bisa disematkan teknologi terkini seperti slide control, lift control, bahkan cornering ABS.