Peter Schreyer

Coba Anda perhatikan secara seksama desain KIA terbaru, mungkin Anda akan menemukan ubahan desain yang sangat radikal bila dibanding dengan produksi tahun sebelumnya. Ya, hal ini tentu saja tak terlepas dari campur tangan Peter Schreyer.

peter schreyer

Pria kelahiran Bad Reichenhall, Bavaria, Jerman 1953 yang memulai pendidikannya sejak tahun 1975 di Munich University of Applied Sciences kini menjadi Chief Design Officer dua brand Hyundai Motor dan Kia Motors. Ia adalah orang yang paling berkontribusi dengan desain Audi TT. Malah Audi TT dianggap oleh Car Design News sebagai the most influential automotive design.

KIA Peter Schreyer

Benar, desain KIA belakangan ini memang banyak yang bilang mirip dengan tarikan garis Audi atau Volkswagen. Sebab KIA terbaru ini memang didesain oleh orang yang bertanggung jawab oleh desain Audi dan Volkswagen sebelumnya.

peter schreyer KIA

Peter bekerja di Audi sejak 1978, dan beliau juga mendapatkan beasiswa Audi untuk meneruskan sekolah di Royal College of Art, London di 1979-1980 mengambil jurusan Transportation Design. Dan di tahun 1980 ia memulai bekerja di Audi bagian exterior dan interior serta desain konsep. Hingga di tahun 1991 ia pindah ke sebuah perusahaan desain di California sebelum akhirnya kembali ke Audi Design Concept Studio in 1992 dan pindah ke Volkswagen departemen desain eksterior di tahun 1993.

kia peter schreyer

Dahulu KIA sangat mudah dikenali di jalan karena desainnya sangat kental nuansa Korea atau agak sedikit mirip Jepang. Nah, ketika tahun 2005 KIA mulai fokus dengan pasar Eropa, karena itu mereka membajak Shcreyer yang tentu saja dianggap paham betul dengan selera masyarakat otomotif Eropa.

peter schreyer

Sejak saat itu pula aktifitas desain KIA mulai tersebar di seluruh dun. Seperti di Frankfurt, Los Angeles, Tokyo dan di Namyang Design Center Korea. Hingga kemudian lahirlah mobil konsep KIA yang dinamakan Kee yang dipajang pada event Frankfurt Motor Show 2007. Desain terbaru ini benar-benar menunjukkan grill terbaru KIA yang diberi julukan sebagai Tiger Nose. Schreyer mengindikasikan bahwa ia meginginkan sebuah sinyal yang kuat, kokoh dan mudah dikenal. Bagian depan mobil ini memiliki ekspresi dan pengakuan. Dan wajah KIA terbaru ini dirasa sangat kuat dan memiliki kekhususan. Bagian depan mobil ini memag penting agar dari kejauhan sekalipun mobil ini langsung dapat dikenali.

Desainer Mobil KIA Peter Schreyer

“Sejujurnya, saya terkadang tidak tahu, dan tak mengerjakan apapun selama setengah tahun. Tapi kadang-kadang suatu hal bisa dikerjakan dengan sangat cepat,” ujar Schreyer.

FYI: Schreyer adalah orang yang mudah dikenali dengan gaya dandanannya yang selalu memakai setelah jas serba hitam dan bingkai kacamata rancangan  Philippe Starck.