Peugeot 2008 DKR and 205 T16

Kembali terbilang ganas lantaran kerap menelan korban, namun produsen mobil, motor hingga truk kerap menurunkan model andalan dan diperkuat oleh pereli papan atas di Reli Dakar. Dan untuk perhelatan tahun depan, Peugeot sudah menyiapkan senjata terbarunya yang mengambil basis Peugeot 2008.

Peugeot 2008 DKR yang akan dipiloti oleh Carlos Sainz ini digadang mengadopsi mesin diesel V6 twin turbo bertenaga 340dk dengan sistem penggerak roda belakang. Dengan kombinasi tersebut, Pug yakin mereka dapat mengulang sukses yang diraih pada 1987-1990.

“Ketika kami memutuskan untuk terjun ke ajang Reli Dakar pertanyaan terbesar apakah kami akan menggunakan mobil berpenggerak Four Wheel Drive atau Two Wheel Drive. Tetapi kami telah memutuskan untuk menggunakan mobil berpenggerak dua roda, “ ungkap Direktur Peugeot Sport, Bruno Famin.

Keputusan untuk menggunaan sistem penggerak dua roda tidak sembarang diambil. Menurut regulasi yang berlaku mobil berpenggerak dua roda boleh memiliki bobot lebih ringan dari mobil berpenggerak empat roda, dan mobil two wheel drive juga diperbolehkan menggunakan ban berukuran lebih besar yang notabene dapat mempermudah dalam melahap medan berat.