Saya berjanji untuk bicara tentang 208 T16 Pikes Peak dan keinginan saya untuk berkompetisi di Hill Climb Race America. Inilah saatnya.

Pertama-tama, sebuah kata singkat tentang akhir pekan lalu, ketika saya dan istri saya Séverine ikut Rallye du Chablais di dekat rumah kami. Saya kenal penyelenggaranya dengan baik, saya suka  dan itu kesempatan untuk bersaing dengan tanpa tekanan di dalam mobil PH Sport-runDS3 WRC. Cuaca yang sangat basah ( hujan terus dalam dua hari!) Kondisi nya cukup kompleks, termasuk banyak aquaplaning dan tikungan berbahaya  di trek.Kita banyak melakukan pergantian jenis ban termasuk “cut” slick tyres . Betul betul pengalaman yang mengasyikan.

Sekarang, saatnya menjajal Peugeot 208 … Saya pertama kali melaju di sirkuit,  di Mont Ventoux, di selatan Perancis.Kecepatan dan tenaga pengeremannya  luar biasa, tapi kami harus membuatnya lebih controlable karena jarak yang akan ditempuh di Pikes Peak cukup jauh  20 kilometer dan tikungan 156 derajat.

Drive pertama saya  di Colorado berada di sebuah trek oval kecil, dekat Pikes Peak, di mana kita meletakkan lima atau enam sudut tikungan . Ini adalah latihan yang berguna dan sangat penting. Tim  jelas bekerja keras sejak tes terakhir kami di Perancis dan mereka telah menandai semua kotak pada daftar pekerjaan. Kami melakukan  fine-tuning sehingga mobil jauh lebih agresif.

Sebagai gambaran, tempat ini  seperti panggung Rally Catalunya, hanya lebih luas, dengan permukaan yang baik. Saya menghabiskan dua setengah hari melakukan recce menyeluruh dengan Daniel [Elena], meskipun kami tidak diizinkan untuk melaju lebih cepat dari 30mph, . Kami mencoba untuk mengevaluasi sudut yang tepat dari tiap putaran, sesuatu yang tidak mudah walaupun sudah kami rekam di video.

Dengan kecepatan siput memungkinkan saya untuk mengingat apa yang dikatakan Daniel.  Tujuan saya adalah mengurangi risiko salah mengingat setiap tikungan. Bagian atas dari pendakian sangat tandus, dan semua yang Anda lihat adalah cakrawala …

Sesi latihan pertama pagi ini (Rabu, 8 Juni), tetapi lebih banyak tes dijadwalkan pada tanggal 9, 14, 15 dan 16! Saya  berlatih sebanyak lima atau enam kilometer setiap jam  05:00 sampai 8:00 pagi, dan aku bukan orang yang suka bangun pagi!

Pada hari Sabtu, kita bahas enam kilometer  pertama saya, dimulai sekitar 5:30. Saya segera merasa nyaman dan percaya diri setelah menjalankan dua tiga putaran, saya berhasil menemukan ritme yang bagus. Saya menyelesaikan lima putaran dan itu adalah awal yang sangat positif. Dengan rasio gigi baru, kohesi antara rasio dan anglesis sudut menjadi lebih baik dan aku bahkan tidak meminta untuk set-up dirubah lagi. Saya sudah mulai hafal trek dan semuanya  berjalan mulus.

Kesan pertama yang baik berdampak bagus untuk selanjutnya. Ini adalah tantangan baru dan saya akan melawan driver seperti Jean-Philippe Dayraut, Romain Dumas (yang telah memilih untuk mobil ultra-ringan), Rhys Millen, dan Tajima.

Ini akan menyenangkan, dan saya akan memberitahu Anda lebih banyak tentang hal itu ketika saya pulang …