Bagi penyuka motor adventure, akhir pekan jadi waktu yang pas untuk merelaksasikan pikiran dengan bermotor menuju tempat-tempat wisata yang sulit dijangkau oleh motor biasa. Motor-motor ber-ground clearence tinggi dan mempunyai cukup tenaga ini memang menjadi modal awal para pehobi moto-adventure untuk melampiaskan hobinya berpetualang diatas kuda besi.

Apalagi belum lama ini BMW Motorrad Indonesia resmi melepas G 310 GS ke pasaran. Otomatis kini pilihan motor serupa semakin banyak. Motor ini masuk dalam kategori adventure karena tongkorongannya yang tinggi dengan riding position tegak yang khas.

Di pasaran resmi motor dual purpose atau adventure tanah air, ada beberapa pilihan yang masuk sebagai kategori entry level untuk pemula. Masing-masing merek punya model pilihan sebagai motor petualang yang punya kapasitas mesin cukup besar atau diatas 250 cc.

Kita intip yuk, ada pilihan  motor apa saja?

BMW G 310 GS

Dari yang lahir paling akhir, ini adalah adventure bike BMW dengan kapasitas mesin 313 cc bertenaga 34 dk dan torsi 28 Nm. Motor yang dirakit di fasilitas produksi TVS di India ini dijual dengan harga Rp 125 juta (off the road).

Motor ini punya fitur ABS yang dapat di non-aktifkan serta layar speedometer digital yang tampak modern. Dengan mengusung merek BMW dan desain sepakbor paruh burung mirip R 1200 GS, ada sedikit kebanggaan mungkin bagi para pembesutnya.

Honda CRF 250 Rally

Inspirasi Honda saat membuat CRF 250 Rally ini datang dari ketangguhan motor petarung Rally Dakar, Honda CRF450 Rally. Ini adalah versi dual purpose dengan mesin lebih kecil agar harga jualnya dapat dijangkau oleh entry level konsumen motor adventure di Indonesia.

Berbekal ground clearance 270 mm, inverted fork Showa dengan stroke 250mm di depan dan Show Pro-Link 265mm di buritan menjadi modal untuk membawa CRF 250 Rally ke medan jalan offroad. Selain itu motor ini cukup ringan, hanya 155 kg.

Dilansir seharga Rp 62,9 juta (off the road), punya tampilan khas crosser dengan aksesori wind screen, Dual Asymmetry LED Headlight yang berlindung dibalik headlight guard, hand guard, rear rack, cover drive sprocket, guard heel hingga guard rear cylinder brake.

Kawasaki Versys X 250

Versi kecil dari Versys 650 ini punya mesin silinder ganda dengan kapasitas 250 cc. bemrodal rangka backbone, suspensi depan panjang dan berlingkar diameter 19-17 inci membuat Kawasaki menyebut model ini sebagai for any road – any time motorcycle.

Di Indonesia Versys X 250 punya dua varian yang berbeda kelengkapan. Versys X 250 City yang dibanderol dengan harga Rp 62,3 juta yang tampil polos dan Versys X 250 Tourer dengan sideboxs, engine guard dan auxiliary lamp yang dibanderol Rp 73,1 juta.