Kabar terbaru berhembus dari Stuttgart kala Porsche mengumumkan rapor awal tahun yang cukup brilliant, kuartal pertama tahun 2016 merupakan pencapaian terbaik dalam sejarah perusahaan. Porsche mencatat telah mengirim 55.974 unit baru ke seluruh dunia dalam tiga bulan pertama di 2016.

Hasil ini telah melampaui 10% dari angka yang tercatat pada tahun sebelumnya. Peningkatan yang paling tinggi berasal dari model Macan dan penjualan suksesnya di Cina mencapai (+23,5%). Menurut Detlev von Platen, Anggota Executive Board for Sales and Marketing, angka tersebut menunjukkan kepuasan pelanggan yang tinggi dan daya tarik brand. Ia menekankan bahwa kepuasan konsumen adalah capaian paling penting bagi Porsche dibandingkan volume angka penjualan.“Kami tidak mengukur keberhasilan hanya dengan rekor penjualan saja,” tambah von Platen.

Model SUV tetap menjadi penentu kesuksesan Porsche di kuartal pertama dengan catatan 21.576 pengiriman unit, dan hal ini juga membuat Macan menjadi model Porsche yang paling populer. Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, model keluaran terakhir Porsche ini memperlihatkan peningkatan sebesar 20%, diikuti oleh Cayenne dengan 17.598 unit (+8%).

Selain itu, terdapat juga indikasi peningkatan permintaan model unit dua pintu seperti Cayman dan Boxster. Meskipun ada perubahan model pada 718 Boxster dan 718 Cayman, kedua mobil sport mid-engine ini mencatat tingkat pertumbuhan dua digit. Boxster dikirimkan kepada konsumen sebanyak 3.029 kali (+23%), sementara 2.822 unit Cayman dikirimkan (+27%). Model 911 tetap menjadi yang terpopuler dengan total 7.711 unit baru dikirimkan, ikon mobil sport ini mempertahankan angka pengiriman yang sama seperti periode sebelumnya di tahun lalu.

Dalam hal pemesanan Porsche, Negara Cina kembali menjadi pasar tunggal terkuat di kuartal pertama 2016. Negeri tirai bambu telah memesan Porsche sebanyak 16.409 unit, disusul pasar Amerika (12.238 unit pengiriman). Eropa tetap pada angka pengiriman yang sama dari tahun sebelumnya. Pasar Jerman adalah satu-satunya yang tertinggal. “Namun, pemesanan unit yang diterima di Jerman merupakan suatu tanda optimistis,” tutup von Platen.