Kemarin, Senin (27/2) Porsche Indonesia lewat penyalurnya PT Eurokars Artha Utama telah resmi meluncurkan Porsche 718 Cayman dan Porsche Panamera 4S di Jakarta. Seperti biasa, Porsche Indonesia enggan memberikan keterangan resmi soal harga jualnya untuk konsumen Indonesia.

Pasalnya, selama ini Porsche Indonesia menerapkan sistem personalisasi untuk para konsumennya yang ingin membeli Porsche. Konsumen dapat memilih sendiri mulai dari pelek, desain interior, warna eksterior hingga peranti tambahan aerodinamika yang disediakan oleh Porsche Indonesia.

Uniknya, Porsche Indonesia mengklaim bahwa kedua model terbaru 718 Cayman dan Panamera 4S tersebut akan dibanderol lebih murah ketimbang model sebelumnya yang lebih dahulu dipasarkan di tanah air. Mengingat kedua mobil buatan Jerman tersebut kini telah menggunakan konfigurasi sumber tenaga yang lebih kecil dari pendahulunya.

Christoph Choi, Managing Director Porsche Indonesia menyebutkan dengan aturan pajak Indonesia soal konfigurasi jumlah silinder dan kapasitas mesin, mobil ini kini memiliki harga jual lebih murah sekitar 30% ketimbang model terdahulunya.

Sebelumnya Porsche 981 Cayman dijual dengan mesin datar 6-silinder yang tersembunyi di bagian tengah dengan kapasitas mesin 3.0 liter dan 3.4 liter untuk Cayman S. Kini seperti saudara satu platformnya, Porsche Boxster 718, 718 Cayman juga telah menggunakan sumber pacu serupa mesin datar 4-silinder 2.0 liter VTG (Variabel Turbin Geometry) untuk 718 Cayman dan 2.5 liter VTG untuk Cayman S.

Sementara untuk Panamera 4S, mesinnya juga menyusut menjadi 2.9 liter Twin Turbocharger dengan konfigurasi V6 yang terletak di bagian depan. Sebelumnya di Indonesia Panamera dipasarkan dengan mesin berkonfigurasi V6 yang memiliki kapasitas ruang bakar mencapai 3.0 liter.

Meski secara fisik kapasitas mesin keduanya menyusut, namun secara teknis tidak justru mengurangi performanya di jalanan. Dengan aplikasi transmisi Porsche Doppel Kupplungsgetriebe (PDK dual-clutch) 7-percepatan, 718 Cayman memiliki tenaga 300 dk sementara 718 Cayman S bertenaga 350 dk dan torsi 420 Nm.

Coupe mid engine dengan kapasitas dua penumpang ini mampu dibesut hingga 285 Km/jam dengan waktu akselerasi tercepat 4,2 detik dari diam hingga mencapai kecepatan 100 Km/jam.

Sedangkan Panamera 4S, lewat gerak empat roda AWD (All-Wheel Drive) dan transmisi Porsche Doppel Kupplungsgetriebe (PDK dual-clutch) 8-percepatan memiliki tenaga 414 dk dengan torsi 520 Nm. Coupe empat pintu ini  mampu dibesut hingga 286 Km/jam dengan waktu tempuh akselerasi 4,8 detik dari diam hingga 100 Km/jam.