Star Wars dan Porsche. Keduanya merupakan nama besar di industrinya masing-masing. Star Wars yang merupakan legenda film animasi garapan George Lucas sejak 1977 silam yang melambungkan karakter Darth Vader, menggandeng Porsche, pabrikan otomotif asal Jerman untuk merancang unit kapal perang di sequel terbaru Star Wars : The Rise of Skywalkers.

Ini adalah kerjasama kedua antara Lucas Film, kreator Star Wars dengan Porsche untuk rancangan kapal perang yang menjadi properti film. Setelah pada 2018 lalu Torra Doza kapal perang dalam sequel Star Wars : Resistance mengambil inspirasi dari besutan balap Porsche 917 di Le Mans era 80-an, kini dalam Star Wars : The Rise of Skywalker kapal perang dengan sebutan Tri-Wings S-91X Pegasus Starfighter dirancang dari model terbaru Porsche Taycan S Turbo.

Dari bagian atas misalnya, kontur atap berbentuk sloop merupakan filosofi desain paling utama yang dipertahankan manufaktur sportscar asal Stuttgart sejak model 356 Speedster pertama muncul hingga paling akhir Taycan S Turbo. Sementara untuk bagian jet tempur di sisi buritan Tri-Wings S-91X Pegasus Starfighter, mengadopsi model tampak belakang dari mesin boxer dengan silinder tidur di dua sisi.

Di bagian depan, Tri-Wings S-91X Pegasus Starfighter punya sepasang alat penerang yang masing-masing terdiri dari empat titik LED seperti pada Daytime Runnning Light (DRL) yang terdapat di Porsche Taycan S Turbo. Selain lampu, rongga udara depan Tri-Wings S-91X Pegasus Starfighter juga mengadopsi model ruang udara pendingin cakram pada Porsche Taycan S Turbo yang merupakan salah satu dari enam filosofi desain utama Porsche, Low Nose with Air Intake.

Ramuan desain Porsche juga mengintimidasi bagian kabin, seperti kursi kru kapal yang ergonomis dengan gaya landai dan panel dashboard yang simple dan fungsional, disematkan pada kabin Tri-Wings S-91X Pegasus Starfighter yang punya kapasitas tiga orang ini.

Kerjasama yang dipimpin oleh Doug Chiang, Vice President Executive Creative Director Lucas Film bersama Michael Mauer, Vice President Style Porsche ini berisikan satu tim dengan kompoisisi 7 orang. Mereka berhasil menyelesaikan rancangan Tri-Wings S-91X Pegasus Starfighter yang mengadopsi gaya Porsche Taycan S Turbo dalam waktu enam minggu.

Seluruh pengerjaan diselesaikan di dua tempat yang berbeda, yakni Porsche design studio di Weissach, Jerman, dan ILM (Lucas Film) design studio di San Francisco, Amerika Serikat. Kedua desainer dari masing-masing korporasi dituntut untuk membuat sebuah rancangan dengan garis besar X-Wing, Y-Wing dan U-Wing yang menjadi satu dalam rangkaian Tri-Wings dari model Porsche Taycan S Turbo.

Dalam gala premier Star Wars : The Rise of Skywalker senin lalu di Hollywood, Doug Chiang menyebutkan, sebuah kapal perang punya filosofi yang mirip dengan sebuah sportscar, yakni harus benar-benar memikirkan aerodinamika dan tenaga mesin yang besar. Hal ini yang mendasari kami untuk membuat sebuah personalisasi khusus untuk kapal perang di sekuel ini dari sebuah model Porsche agar lebih menarik dan tidak selalu hitam dan kaku seperti kapal perang Darth Vader.

Ingin tahu cerita dibalik kolaborasi dua nama besar ini di masing-masing industrinya? SImak video berikut ini..