Akhir pekan ini, tanggal 24-26 November 2017 mendatang, kota Bandung akan dipenuhi oleh ratusan mobil kuno dari berbagai merek lansiran tahun 1950-an hingga 1970-an. Tercatat sekitar 200 mobil kuno dijadwalkan akan memadati Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat dalam rangka hari ulang tahun Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) ke-38.

Dalam HUT PPMKI ke-38 ini, seluruh anggota komunitas mobil antik ini akan datang dari berbagai provinsi di Indoensia seperti  masing-masing kota di Indonesia, yakni Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat. Bagi PPMKI, Gedung Sate yang juga menjadi Kantor Gubernur Jawa Barat itu mencatat sejarah baru. Karena baru kali ini, klub otomotif diperkenankan menyelenggarakan kegiatan di gedung yang dirancang oleh arsitek  Belanda J Gerber tahun 1920.

Menurut Muktiyarto, Ketua Penyelenggara HUT ke-38 PPMKI, Gedung Sate dipilih menjadi lokasi perayaan karena memiliki nilai histori. Gedung Sate merupakan warisan sejarah, begitu pula dengan mobil-mobil PPMKI yang tak hanya bersejarah bagi industri otomotif, tapi juga bagi Indonesia. “Kami juga akan mendatangkan mobil dinas Presiden RI Pertama Ir. Soekarno,  yang dikoleksi oleh anggota PPMKI. ” kata Muktiyarto.

Di hari kedua, anggota PPMKI melakukan tur ke Lembang, mengunjungi museum pribadi Pembina PPMKI Soeyono. Pada sore harinya, dilaksanakan musyawarah nasional (Munas) untuk memilih Ketua Umum PPMKI periode 2017-2020.

Munas dilakukan di Gedung Sate, yang dilanjutkan dengan puncak acara gala dinner bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Dedi Mizwar. Agenda saat gala dinner adalah penandatanganan MoU kerja sama Pemda Jawa Barat dengan PPMKI yang mengagendakan kegiatan PPMKI ke dalam kalender pariwisata Jawa Barat.