Selain memiliki kemampuan membuat ponsel dan produk elektronika lainnya, Xiaomi kini mengembangkan sayap untuk membuat sepeda. Tak main-main, sepeda yang punya tenaga penggerak listrik ini diklaim punya sederet teknologi canggih.

Inovasi terbaru berbentuk sepeda listrik diberi nama Himo oleh Xiaomi. Produsen ponsel asal Cina ini membanderol sepeda listrik tersebut seharga 1,699 Yuan atau setara Rp 3,7 juta.

Xiamoi Himo dilengkapi dengan layar LCD berfitur lengkap di bagian setangnya. Peranti yang menyerupai dasbor ini menggunakan komponen elektronika kelas satu dan ditempatkan di wadah tahan air bersertifikasi IP54, sehingga memungkinkan sepeda dikendarai saat hujan.

Layar itu menampilkan kecepatan, jarak, tingkat bantuan motor, dan daya baterai. Himo menggunakan daya dari baterai lithium ion 36 volt 220 watt. Baterai tersebut dapat menjelajah sejauh 50 km saat terisi penuh. Untuk melakukan isi ulang kembali agar daya baterai bisa terisi penuh, dibutuhkan waktu semalam atau maksimal 8 jam.

Sebelum Himo, perusahaan milik Lei Jun ini juga memproduksi skuter listrik pada Desember 2016 dengan nama Mi Electric Scooter. Skuter listrik yang dijuluki Mijia ini bisa menempuh jarak 30 km ini dibanderol USD 290 dolar atau sekitar Rp 3,8 juta.

Mijia memiliki teknologi KERS atau Kinetic Energy Recorvery System. Proses pengeremannya diubah menjadi energi listrik sehingga baterai lebih tahan lama. Dengan bobot 12,5 kilogram, Mi Electric Scooter mudah dibawa ke mana saja.