Robot-robot yang dapat bertransformasi mungkin sudah menjadi bagian dari budaya pop kita, seiring dengan makin berkembangnya franchise Transformers. Mulai dari serial televisi, layar lebar sampai kepada mainan anak-anak, mata kita mulai dibiasakan untuk melihat mobil yang sanggup berubah wujud menjadi robot dan vice versa. Namun pernahkan berfikir bila hal tersebut dapat benar-benar terjadi?
Jauh di Negeri Sakura, Kenji Ishida juga memiliki pertanyaan yang serupa. Merasa jengah karena tidak ada yang sanggup menjawab pertanyaan tersebut seiring dia bertambah dewasa, pria Jepang ini memutuskan untuk mewujudkan sendiri impiannya. Dia pun berjuang dengan masuk sekolah teknik robot dan mengumpulkan modal dari kerja sambilan.
Alhasil Sebuah robot kecil bermodal 100,000 yen (Rp. 10 juta) pun sukses dia buat. Tambah percaya diri, Ishida pun kian nyata mewujudkan impiannya dengan membeli alat-alat professional  3D printer dan pemotong CNC. Bahkan setelah dia menyadari pentingnya memperlajari tentang mobil, dia mulai mengambil studi di bidang mobil dan aerodinamikanya.
Gayung pun bersambut. Beragam perusahaan pun melirik hasil kerjanya dan mengajak untuk bekerja sama. Ishida lalu mendirikan BRAVE ROBOTICS sebagai payung usahanya. Proyeknya yang paling ambisius kini bernama Project J-deite, sebuah robot yang benar-benar sanggup bertransformasi 100% menjadi mobil dan sanggup dikendarai.
Bekerjasama dengan Asratec Corporation, Project J-deite sedang menuju arah realisasi. Dicanangkan untuk kelar di 2017, pengembangan demi pengembangan pun diperlihatkan secara bertahap. Yang terbaru adalah J-deite Quarter, sebuah purwarupa berskala ¼ yang dipamerkan di 2014. Menggunakan sistem operasi bernama V-Sido buatan Asratec, Quarter mampu menunjukan bagaimana sistem kerja dari sebuah robot kala bertransformasi menjadi sebuah mobil.
Nantinya bila terealisasi, proyek final di 2017 akan bernama J-deite RIDE. Wujudnya berupa robot setinggi 3.5 meter yang dapat berubah menjadi mobil hanya dalam hitungan kurang dari 10 detik. Mobil tersebut dapat membawa dua penumpang dan berjalan hingga 60 kilometer per jam!
Meski begitu Ishida tampaknya masih ambisius, dengan berkata akan ada proyek lain setelah J-deite RIDE berupa robot transformer setinggi 5 meter. Inkorporasi yang kami tunggu, begitu tulisnya dalam situs resminya. Wow!