Qarrar Firhand, putra pembalap senior Firhand Ali ini tak gentar menghadapi gempuran lawan-lawannya pada babak final Asian Karting Open Championship (AKOC) Round 1 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, akhir pekan lalu, Minggu (16/2). Gemblengan yang tepat sasaran dari tim Tanada Racing yang menggawangi Al, panggilan akrab Qarrar, membuat insan muda generasi penerus pembalap tanah air ini sukses mempecundangi rivalnya yang lebih berumur di kejuaraan balap gokart paling bergengsi di Asia.

Di lomba kelas Mini Rok Open pada AKOC 2020 putaran pertama, Al sukses memperbesar jarak dengan sahabat karibnya di luar lintasan, Kimi Rae Fitriansyah dari tim Mahata Racing Team yang juga berasal dari Indonesia. Sementara tempat ketiga diduduki oleh pembalap Malaysia, Timofey Mikhaylov dari DRM Motorsport.

Dengan performanya yang selalu melaju kencang sejak balapan dimulai, Qarrar berhasil membukukan catatan waktu total 13 menit, 24,497 detik sepanjang balapan. Pada lap terakhir menjelang garis finish, Al yang pernah mengenyam pelatihan di lintasan gokart Italia ini berhasil meraih gelar Fastest of the Day dengan catatan waktu 57,080 detik.

Faris Lutfi, manajer tim Tanada Racing saat dijumpai usai balapan menyebutkan, performa Al makin terasah berkat beberapa kejuaraan yang diikutinya selama dua tahun terakhir. “Dalam setiap balapan kami terus berupaya membangun mental juara Al untuk selalu berupaya menjadi yang terdepan. Oleh karenanya saat posisinya sudah terdepan sekalipun, ia selalu all out untuk memperbesar jarak dengan pembalap dibelakangnya,” ujarnya.

Hal ini benar adanya, pada sesi kedua babak final Mini Rok Open di AKOC 2020, Al berhasil membangun jarak sebesar 8 detik di depan Kimi Rae hingga balapan usai. Dengan begitu Al berhasil mendapatkan ganjaran hadiah utama sebesar USD 1.000 atas kemenangannya di ronde pertama ini.

Kemenangannya di kelas ini, semakin menegaskan kemampuan Al untuk besaing dengan pembalap yang usianya lebih tua. Padahal ia juga masih bertarung untuk Cadet Class yang diikuti sesuai dengan usianya.