Rivian. Barangkali nama ini masih asing di telinga orang Indonesia, sekalipun bagi seorang pemerhati mobil. Namun setelah New York Motor Show, April 2019 lalu, Rivian mulai dikenal sebagai produsen mobil listrik asal Amerika Serikat.

Dikembangkan oleh Robert RJ Scaringe, Rivian memulai kreasinya pada satu dekade lalu di markas besarnya, Plymouth, Michigan untuk menciptakan kendaraan, produk dan layanan yang berkelanjutan di bidang transportasi. Perusahaan ini akhirnya berhasil membawa inovasinya berupa kendaraan listrik untuk dipamerkan di New York Motor Show, enam bulan lalu.

Dilansir dari Road and Track, keberhasilan Rivian dalam membuat kendaraan listrik disokong oleh suntikan dana segar dari perusahaan teknologi multinasional Amazon dan perusahan manufaktur otomotif Ford. Masing-masing baik Amazon dan Ford telah mengucurkan dana sebesar US$ 700 juta dan US$ 500 juta.

Produk kendaraan listrik pertamanya yang diperkenalkan pertama kali di dunia adalah Rivian R1T dan Rivian R1S. Rivian R1T merupakan sebuah pikap truk yang sangat terkenal dan memiliki pasar besar di Americka Serikat. Sementara model kedua Rivian R1S merupakan sebuah SUV.

Kedua produk Rivian R1T dan R1S menggunakan platform yang sama sebagai kerangka kendaraan. Rangka yang disebut sebagai Skateboard Platform ini digunakan sebagai tempat peletakan baterai dan motor penggerak untuk keempat rodanya.

Rivian mengklaim, platform skateboard rancangannya punya centre gravity yang baik dan mampu memberikan banyak ruang untuk bagian kabin penumpang karena posisinya yang cukup rendah.

Mengingat Ford memiliki sejumlah kepemilikan saham di perusahaan ini, bukan tidak mungkin kedepannya rangka skateboard buatan Rivian ini bakal diaplikasikan pada Ford Mustang dan Ford F150 berpenggerak elektrik yang kini sedang dipersiapkan Ford.

Penasaran seperti apa detailnya? Simak video dari Rivian ini..