2013-05-30-2014MercedesBenzSClassinteriorview

Tak jarang konsumen mengeluhkan tingkat kebisingan kabin di mobil cukup tinggi. Lantaran suara angin dan juga dari suara ban yang bergesekkan dengan permukaan jalan yang ‘bumpy’ masuk ke dalam kabin dan membuat mobil tersebut tak nyaman untuk dikendarai.

Nah, beda cerita kalau Anda menggunakan mobil beremblem ‘three point star” a.k.a Mercedes-Benz. Ya bisa dibilang pabrikan kendaraan premium asal German ini telah berhasil memproduksi banyak kendaraan yang mampu meredam kebisingan dari gesekan permukaan jalan dan roda.

Dan kali ini pihak Mercedes-Benz kembali mengklaim bahwa salah satu seri sedan termewah-nya yaitu S Class Coupe menjadi kendaraan yang paling tenang sedunia. Lantaran mereka telah menemukan racikan mujarab untuk mereduksi kebisingan angin saat mobil melaju.

Menurut Ahli Aerodinamika dan Aeronacoustics Mercedes-Benz, Dr. Teddy Woll, pihaknya fokus untuk menekan suara angin saat mengembangkan S-Class Coupe terbaru, seperti yang disampaikannya hari ini (30/06).

“Kebisingan angin pada kecepatan 100 km/jam memang mencolok, tetapi pada kecepatan 140 km/jam hanya ada suara angin sehingga kami akan mengukur tingkat kebisingan angin pada kecepatan 90, 140, serta 200 km/jam untuk membuat mobil lebih hening di berbagai tingkat kecepatan,” ungkap Woll.

Untuk menekan kebisingan angin, tim akustik dari Mercedes-Benz lantas mendesain ulang pilar A dan bentuk spion agar tidak terlalu menghambat aliran angin yang membuat bising. Selain itu, desain jendela dan gagang pintu akan dibentuk ulang untuk mengurangi frekuensi suara bising yang menjengkelkan di dalam kabin.

“Kami juga melihat kaca pintu yang kini telah dilaminasi ganda pada seluruh model S-Class menggunakan dua lembar kaca yang tebalnya 2,6 milimeter yang dipisahkan dengan selembar peredam akustik Polivinil Buttyral (PVB) setebal 0,8 milimeter,” tutup sang ahli.