Delica Ralliart

MPV bercitarasa SUV. Mungkin itulah padanan kata yang pas untuk menggambarkan silsilah keluarga dari Mitsubishi Delica. Dan rasa-rasanya, kami tak akan kehabisan topik menarik saat memperbincangkan tentang kendaraan berjuluk Sport Utility MPV itu. Yang pasti, sisi kelapangan kabin, tingginya ground clearance, hingga kemampuannya menjelajah medan berat sambil mengangkut 8 orang sekaligus, membuat kami tak ingin berhenti untuk terus mengulasnya.

Menariknya, guratan desain nan agresif dipadukan dengan fitur berteknologi terkini membuat Mitsubishi Delica banyak dilirik oleh tangan-tangan trampil modifikator, mulai dari generasi pertama hingga yang paling anyar alias generasi kelima . Dan kami yakin, tangan Anda juga pasti akan gatal setelah melihat beberapa ubahan gaya dan tampilan dari Mitsubishi Delica. Penasaran?

Mitsubishi Delica

Ralliart

Salah satu mobil pengawal ajang reli Dakar tersebut, sengaja dihadirkan dengan warna merah khas Mitsubishi, dan menggunakan ikon nomor 638. Well, pencitraan-nya sebagai off-roader-pun kian timbul, saat kakinya kian berotot berkat profile ban besarnya guna menghadapi trek berpasir atau bukit terjal. Sebagai penciri,  Ralliart tidak lupa membubuhkan sticker dan lambang Delica di beberapa bagian eksterior, termasuk bemper, bawah gril depan dan sampingnya yang sudah dikelir hitam. Dan demi keamanan, Mitsubishi Delica yang satu ini sengaja ditambahkan roll-bar, dan memperkuat suspensi standarnya dengan pengelasan ulang serta penambahan pada sektor coil spring. Oh ya, kalau kalian ingin bergaya bak Ralliart, jangan lupa ya untuk memperbesar kapasitas tangki bahan bakar si Delica, supaya kalian bisa menjelajah beragam medan lebih jauh.

Delica off road

Offroad

Nah buat kalian yang doyan ‘main tanah’ mungkin versi MPV off-road yang satu ini bisa jadi bahan referensi mujarab. Pasalnya rumus modifikasi yang dipergunakan oleh Delica versi Dirt ‘Bike’ ini lebih simple, dan pastinya tak semahal versi Ralliart. Yang pasti untuk menciptakan area baru di tanah basah, medan terjal dan berlumpur, kendaraan ini hanya perlu memanjangkan suspensi, penyematan ban ‘tahu’ berukuran besar plus velg alloy. Dan agar lebih aman dan nyaman saat berkendara di malam nan berkabut, jangan lupa ya untuk menyematkan beberapa lamp guard, juga fog lamp ke atap juga front grille si Delica.

zombie-delica-delica-ca

Monster

Eits… jika masih kurang puas dengan ukuran mobil off road standar, kalian bisa kok meninggikan dimensi si Sport Utility MPV bermesin MIVEC 2,0 liter ini, dan menyulap-nya menjadi layaknya monster. Siapkan saja dana lebih untuk mengubah struktur  sistem suspensi hingga sasis menjadi lebih tinggi, lebar dan panjang, juga penyematan paket yang dapat diatur secara pneumatis sehingga ruang ground clearance dan tekanan ban bisa kita kontrol secara otomatis. Nah, untuk modifikasi yang satu ini, mungkin kalian harus menambah tenaga serta torsi kendaraan ini, supaya mobil masih bisa menyeret roda gambot-nya ke jalanan. Ingin coba?.

Delica 6 wheels

Delica 6×6 

Kami yakin kalian pasti terkejut setelah melihat ilustrasi Delica D-5 tersebut melaju di atas enam roda berukuran besar. Melarkan sasis, ganti semua komponen suspensi, terutama sistem penggerak rodanya yang akan bertambah menjadi 6×6. Dari segi interior, hm… kami rasa cukup menarik bila diisi dengan mini bar dan dapur kecil.

Delica Campervan

Campervan

Senang menjelajah alam bebas? Enggan meninggalkan mobil kesayangan? Besut saja Mitsubishi Delica yang dimodif menjadi campervan ini agar bisa  berpetualang bersama keluarga. Dengan menambahkan carrier di atas atap, fitur tenda kemah pada bodi samping, plus penyematan dapur kecil, membuat kemping menjadi lebih menyenangkan.

Mitsubishi_Delica_Rear_View_by_Catlin11

Delica by Devian Art Series

Mau yang lebih unik? Mungkin reka gambar karya Catlin 11 di website Devianart ini bisa menjawab kegalauan kalian. Pasalnya, tidak hanya dibikin tinggi, Mitsubishi Delica juga bisa tampil akrab dengan aspal. Sang desainer sengaja memangkas ground clearance, agar makin ceper. Idealnya sih, mobil ini dicangkokkan sistem suspensi udara agar saat melaju posturnya bisa dinaikkan. Dan saat parkir, ground clearencenya bisa dirapatkan.