Ada yang berbeda dengan penampilan mobil-mobil milik tim F1 ‘Scuderia Ferrari’. Mereka baru saja mengetes penggunaan sistem penunjang keamanan ‘halo’ pada kesempatan uji coba yang berlangsung di Barcelona. Sebastian Vettel menggunakannya pada Jumat (4/3). Sementara, rekan setimnya Kimi Raikkonen telah lebih dulu mencoba terobosan itu sehari sebelumnya.

Tanggapan positif mengenai penggunaan sistem keamanan ‘halo’ datang dari Vettel. Menurutnya, persoalan estetika bukanlah masalah jika penambahan itu bisa menjanjikan keselamatan bagi para pembalap seandainya tertimpa insiden.

Vettel memberi contoh nasib Justin Wilson dan Henry Surtees yang kehilangan nyawa akibat kepalanya terkena material berbahaya pada insiden balapan. Bisa jadi keduanya masih hidup sampai hari kalau mobil mereka menggunakan sistem ‘halo’.

Mengutip Motorsport, “Pertama-tama, ke arah sekeliling itu baik-baik saja. Anda bisa melihat apa yang harus dilihat,” kata Vettel dalam pemberitaan yang muncul Jumat (4/3). Sebelumnya, penggunan sistem ‘halo’ mendapat cibiran dari beberapa pembalap.

Salah satunya Lewis Hamilton yang mengatakannya, ‘Kemajuan paling tak sedap dipandang dalam sejarah F1.” Masih menurut Motorsport, tanggapan senada juga datang dari pembalap tim Force India Nico Hulkenberg yang berkomentar singkat, “Buruk.”

“Saya pikir kita bisa mengembangkan sistem ini pada sisi keindahannya dan juga dalam hal pandangan. Tapi saya mengetesnya dengan baik di simulator dan saya pikir kita akan melihat perubahannya dalam waktu dekat,” ujar Vettel.