Mungkin tak banyak yang tahu kalau Raguna merupakan produen pelek kesohor asal Jepang yang punya spesialis bikin tampilan jip dan SUV (Sport Utiity Vehicle) jadi ciamik. Model andalannya ZZYZX (Zijix) merupakan obat instan favorit para pemain jip dan SUV yang ‘paham’ cara upgrade instan tongkrongan mobilnya.

Zijix hadir dalam bentuk one piece atau monoblok yang disebut ZZYZX OX atau forged (tempa) lightweight yang disebut Aldebaran dan multipiece yang disebut Epsilon. ZZYZX merupakan model paling laris yang pernah dilansir oleh Raguna sepanjang sejarah produksinya.

Produsen pelek Raguna pertama kali berdiri pada 1979 silam. Dilansir dari catatan sejarah situsnya,  perusahaan Jepang ini mengawali bisnisnya sebagai distributor ban offroad Amerika Serikat untuk pasar negara matahari terbit.

Tahun 1983, Raguna mulai memproduksi lingkar roda besi pertamanya yang disebut Raguna I dan II yang dibuat khusus untuk kebutuhan offroad. sepanjang tahun kedepan, Raguna terus memproduksi pelek untuk jip dan SUV dengan berbagai macam ukuran lingkar dan lubang baut, termasuk model billet.

ZZYZX edisi pertama tercipta pada 1994 lalu, dimana saat itu model pelek palang lima (bintang) mulai digemari para ‘pemain’ modifikasi. Pelek model ini masih terus diproduksi oleh Raguna hingga 2004 lalu.

Maka tak heran bila populasi ZZYZX kini terbilang cukup langka karena sudah tidak ada barunya. Terbatasnya jumlah pelek ini di pasaran membuat harga jualnya kian meroket meskipun bekas. Tercatat model ZZYZX Aldebaran ukuran 18 inci dengan lubang baut 6 x 139,7 pernah tembus di angka lebih dari Rp 20 juta-an.

Di tanah air sendiri tak banyak penjaja pelek bekas kesohor yang memiliki barang ini. Jumlahnya masih tak lebih dari jari di sebelah tangan kalau  ditotal. Meskipun ada segelintir pemilik jip dan SUV yang menaruh minat pada Raguna ZZYZX.

Umumnya Raguna ZZYZX baik model OEX monoblok, Epsilon multipiece dan Aldebaran lightweight  dirancang untuk SUV bikinan Jepang berbadan besar dengan ukuran pcd 5 x 114,3 untuk Nissan X-Trail dan Toyota RAV4, 5 x 139,7 untuk Suzuki Jimny dan Daihatsu Taft serta ukuran paling massal 6 x 139,7 untuk Toyota Fortuner, Hilux, Prado dan Land Crusier VX; Mitsubishi Pajero, Pajero Sport dan L200 Triton; Nissan Terra, Frontier dan Navara serta mobil ber-pcd 6 x 139,7 lainnya.