Toyota MR2 tiba-tiba menjadi topik hangat pemberitaan media massa. Penyebabanya ialah kejadian Toyota MR2 terbakar di KM 12 Tol Slipi arah Grogol, Minggu (20/5). Nama mobil tersebut mungkin masih asing di telinga karena populasinya yang terbilang mobil langka.

Kenyatannya, MR2 merupakan salah satu mobil ikonis Toyota dengan sejarah penting yang mengiringi kelahirannya. Toyota MR2 adalah mobil produksi massal asal Jepang pertama yang menggunakan layout mid-engine.

Konsentrasi pemasaran Toyota MR2 adalah benua Eropa, Amerika, dan pastinya pasar dalam negeri Jepang.

[Baca juga: Jaguar E-Type Zero “Kuda Besi” Royal Wedding]

Maksudnya, istilah itu mengacu pada letak mesin mobil yang berada di belakang bangku penumpang, namun tak melebihi as roda belakang. Berbeda dengan kebanyakan mobil di pasaran yang mesinnya berada di depan.

Toyota MR2 MK2

Toyota MR2 memiliki ciri khas desain bodi yang sporti dan dimensi kompak.

Meski dengan kode berbeda-beda, namun sejak awal kemunculannya Toyota MR2 menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 4 kecepatan atau manual 5 kecepatan.

Mengutip situs blog.toyota.co.uk, sejarah kelahiran Toyota MR2 tak lepas dari kemunculan mobil prototype SV-3 dalam pameran otomotif Tokyo Motor Show 1983. Dikatakan, tampilan mobil pra poduksi itu yang sporti dan kompak berhasil menjadi pusat perhatian publik saat itu. Wujudnya telah mendekati MR2 produksi massal, meski ada bagian-bagian eksterior yang berubah di Toyota MR2 generasi pertama.

Toyoto MR2 (MRS Concept)

Meski dengan kode berbeda-beda, Toyota MR2 menggunakan mesin 2.000 cc.

Pada Toyota MR2 generasi pertama (1984–1989) pembaruan terdapat pada spoiler depan dan belakang guna mendapatkan racikan aerodinamika terbaik plus mengurangi efek embusan angin samping. Saat meluncur Toyota MR2 melengkapi jajaran mobil sporti Toyota yang sudah ada seperti Celica dan Supra.

Generasi kedua Toyota MR2 dipasarkan selama periode 1990 hingga 1999. Disusul generasi ketiga yang menyapa publik pada tahun 2000. Namun, sayangnya pada tahun 2007 Toyota memutuskan untuk menyetop produksi Toyota MR2 dengan alasan menurunnya penjualan. Pada generasi ketiga inilah muncul versi spyder dari Toyota MR2 yang juga disebut sebagai Toyota MR-S di beberapa negara seperti yang hangus di tengah tol kemarin.