Alinka Hardiyanti dan Haridama Manoppo telah merampungkan masing-masing balapannya di kejuaraan Toyota Gazoo Racing 2017 yang berlangsung di Fuji Speed Way, Jepang pada Minggu (10/12) silam. Kedua pembalap bernaung di bawah bendera Toyota Team Indonesia (TTI).

Bermain di kelas Netz Cup Vitz Race, Alinka memang belum mampu menempati posisi tertatas. Dirinya yang start dari posisi 26 harus puas finish di posisi 20 dalam balapan yang diisi lima puluh starter itu. Alinka sendiri mencatatkan best lap 2 menit 17.152 detik.

Sedangkan bagi Haridarma, ajang ini merupakan sebuah kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya di lintasan balap. Khususnya untuk ajang balap berskala internasional. Pada kelas Toyota 86 Race, Haridarma berhasil mencapai garis finish dengan mencatatkan best lap 2 menit 7.595 detik.

(Baca juga: Marques dan Pedrosa Balapan Pakai Supercub C70 di Honda Racing Thanks Day 2017)

Kedua pembalap melangkah ke sesi final race Toyota Gazoo Racing setelah sebelumnya melewati ajang kualifikasi yang berlangsung di sirkuit yang sama satu hari sebelumnya.

“Torehan prestasi yang diraih Toyota Team Indonesia bersama pembalap handalnya, Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo dalam ajang balap internasional Toyota Gazoo Racing 2017 ini kami harapkan dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk selalu siap dan berani bersaing menunjukkan kemampuan terbaiknya di ajang internasional,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto dalam siaran pers yang diterima TheGaspol, Senin (11/12).

Toyota Gazoo Final 2017 (5)

Kiprah kedua pembalap ini diharapkan menjadi suntikan semangat bagi pembalap Toyota Team Indonesia lainnya untuk mengikuti ajang balap internasional lainnya, seperti Thailand Super Turbo 600 Endurance.

Dalam ajang balap dengan pola ketahanan mobil 10 jam yang akan berlangsung di Thailand pada pertengahan Desember 2017 mendatang, pembalap TTI Demas Agil juga akan mewakili Indonesia untuk bersaing dengan para pembalap Asia-Pasific lainnya.

“Prestasi yang diraih Tim TTI ini merupakan dukungan dari semua pihak terutama TAM dan TRD Indonesia. Ini menjadikan motivasi bagi kami untuk kedepannya menjadi lebih baik dan semakin banyak memberikan prestasi di kancah nasional dan internasional. Kami berharap dengan dukungan TAM dan TRD Indonesia, hasil yang optimal juga akan ditorehkan pembalap TTI dalam mengikuti ajang balap Thailand Super Turbo 600 Endurance,” kata Manager TTI Memet Jumhana.