PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), anak perusahaan otomotif terbesar di India, Tata Motors Ltd, akan semakin serius memasarkan Tata Super Ace 1400 cc ke segmen transportasi Angkutan Kota (Angkot) melalui Koperasi Angkot dan komunitas pengusaha Angkot di Indonesia.

Sejak resmi diluncurkan Oktober 2013, Tata Super Ace 1400 cc langsung mendapat respon positif dari pemilik Angkot di Jabodetabek. Bahkan di Tangerang, belasan unit Super Ace telah beroperasi.

“Pasar Angkot di Indonesia sangat menjanjikan. Setiap bulan, 1000-1,500 mobil pickup yang dimodifikasi menjadi mobil Angkot terjual dan kami ingin ikut bersaing di pasar yang besar dengan pikap diesel kami jauh lebih irit bahan bakar dan menjanjikan keuntungan lebih besar bagi pengusaha Angkot,” kata Biswadev Sengupta, President Director, TMDI.

Saat ini, sudah beredar lebih dari 70 unit Angkot Tata Super Ace di Jabodetabek dan Jawa Barat. Sementara itu, masih ada 100 unit yang tengah diproses menjadi Angkot di karoseri. 53 unit diantaranya akan beredar di Bandung, Jawa Barat.

TMDI yakin, pikap Tata Motors dapat menjadi merek baru yang akan menjadi pilihan utama di pasar angkot. Karena produk Tata Motors menjamin memberikan nilai lebih kepada pemilik angkot, pengemudi dan penumpang.

Agar tangguh dalam persaingan di pasar Angkot, TMDI kini telah didukung oleh jaringan bengkel 3S (Sales, Service, and Spare parts) di 16 kota di Indonesia. 60 titik jaringan 2S (Servis dan Suku cadang) yang dinamakan Tata Certified Workshop di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Saat ini Angkot Tata Motors telah beroperasi di rute Cilandak – Jagakarsa, Pasar Minggu – Jagakarsa, Pulo Gadung – Kampung Melayu, Parung – Depok, Ciputat – Kebayoran Lama, Cikarang – Karawang dan beberapa rute di kota Bandung dan kota Medan.