Menandai hari jadinya yang ke-105, Alfa Romeo membuka kembali museumnya yang berlokasi dai Arese, Milan. Museum yang telah dibangun sejak 1979 ini memang pernah dibuka khusus tamu dengan sistem reservasi tapi sempat mengalami penutupan di 2009. Pembukaan kembali museum ini merupakan bagian dari dari langkah global re-launch Alfa Romeo setalah telah mendapat renovasi besar-besaran.

La macchina del tempo 6

Di 2013, arsitek Benedetto Camerana mengajukan renovasi museum tersebut. Pengerjaannya pun dimulai pada 2014 dan berhasil rampung dalam waktu kurang dari setahun. Seluruh komplek dari musem yang menjadi rumah bagi sekitar 69 model ikonik termasuk Alfa Romeo 6C 1750 Gran Sport ini pun berubah total.

La macchina del tempo 1

Masuk ke lantai satu, pengunjung akan disuguhi linimasa produksi brand ini yang diwakili oleh 19 mobil. Disitu, pengujung juga akan dimanjakan oleh panel multimedia yang menyuguhkan sejarah mobil-mobil tersebut.

La macchina del tempo 2

Sementara itu, bagian kedua dari ruang pamer ground floor diberi judul “Beauty.” Bagian ini terdiri dari beberapa area yang dibuat berdasarkan tema tertentu. Ruangan ini diisi oleh desain-desain karya coachbulder yang sempat menjalin kerjasama dengan Alfa Romeo. Terakhir, bagian ketiga museum ini didedikasikan untuk mengenang torehan sejarah Alfa Romeo di lintasan balap.