PT. Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku agen tunggal pemegang merek mobil Kia di Indonesia membeberkan fakta penjualan unit mereka di tahun 2014. Hampir 9 ribu unit mobil Korea sudah terjual dan mengaspal di Indonesia.

Data tersebut dibeberkan oleh KMI dalam acara media gathering yang dihelat di Kebayoran baru, Jakarta pada Rabu (18/02). Dalam kesempatan tersebut hadir pula Hartanto Sukmono selaku Marketing Director PT. KMI bersama jajaran direksi yang lain.

“Persisnya ada 8.936 unit terjual di 2014. Penjualan paling besar didominasi oleh Picanto dan Rio,” jelas Hartanto Sukmono. Terdapat kenaikan penjualan sebesar 8% untuk Kia Rio dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebuah prestasi yang mengagumkan pasalnya menurut data Gaikindo kendaraan bersegmen hatchback mengalami penurunan sebesar 19%.

Selain Picanto dan Rio yang mengalami perkembangan positif, penjualan kendaraan komersial Kia juga mengalami lonjakan penjualan di 2014. Terdapat kenaikan sebesar 49.06% bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk ragam kendaraan komersial.

Ternyata penyebab utamanya adalah varian-varian seperti Travello dan Pregio yang laris manis dipesan untuk dijadikan ambulan di institusi Indonesia, “Kualitas bagus, performa mesin Diesel yang andal dan low cost maintenance adalah alasan utama kenapa beberapa perusahaan, instansi pemerintah dan rumah sakit percaya akan kehandalan kendaraan komersial Kia,” tutup Hartanto.