P90171635

Reli Dakar selalu membawa kejutan, bukan hanya di medannya yang keras tetapi juga perjuangan para peserta. Termasuk di dalamnya kisah pembalap Spanyol, Joan Barreda Bort, yang harus mengalami kesusahan di Stage 7 hingga membawanya ke dalam sebuah kisah yang mengharukan.

Semua dimulai di kilometer 200 saat problematika muncul bagi Barreda. Dia mengalami kecelakaan akibat lubang dan mematahkan sisi kiri stang motornya. Akibatnya dia terpaksa menghabiskan hampir 120 km jarak yang tersisa hanya dengan satu tangan demi menyelesaikan stage 7.

Naasnya pada saat stage 7 usai, tidak ada bantuan dari teknisi luar yang diperbolehkan menangani motor Barreda. Memang regulasi Dakar Rally mengharuskan dua babak marathon, Iquique dan Uyuni, ditempuh oleh pembalap sendiri tanpa adanya campur tangan teknisi bantuan.

Beruntungnya adalah Dakar Rally tidak selalu keras. Keras di medan namun tidak di hati para pembalap. Barreda mendapat sumbangan handlebar dari pembalap Honda South America Rally Ream, Argentinian Demian Guiral.
Sayangnya hal tersebut juga tidak berlangsung lama. Kerusakan kembali dialami Barreda dan dia benar-benar tidak sanggup melanjutkan balapannya.

Disinilah cerita mengharukan dimulai, dimana persahabatan dan jiwa fair play muncul. Israel Esquerre, salah satu dari rekan setimnya di HRC, datang dan menderek motor Barreda sampai ke garis finis. padang belantara basah yang buas pun mereka lalui beriringan.

Memang cuaca yang ekstrim menjadi faktor penentu ketegangan di Dakar Rally. Tidak hanya hujal lokalnya yang memperparah keadaan, namun juga perubahan temperatur. Tengok saja temperatur yang mendekati nol derajat saat akan memulai Stage 8.

Sekali lagi, cerita ini menguak sisi lain selain kerasnya Dakar Rally, sebuah kompetisi yang sanggup mengubah hidup seseorang yang ikut di dalamnya. Israel memang mengakhiri balapan, namun hasilnya harus menurun karena terpaut beberapa jam untuk menderek Barreda. Dan disinilah Dakar Rally tidak hanya  sanggup menunjukan keperkasaan seorang pembalap, melainkan juga nilai-nilai pertemanan dan loyalitas.