Reliant RegalKami yakin, Anda yang pernah menonton tayangan komedi Mr. Bean pasti melihat mobil ajaib beroda tiga yang notabene seperti “musuh bebuyutan” Morris Mini tunggangan Mr. Bean. Nah, mobil ini adalah Reliant Regal Supervan III yang kerap terjungkal atau menabrak sesuatu. Reliant Regal awalnya sempat diproduksi Reliant Motor Company yang bermarkas di Tamworth, Inggris.

Reliant Regal 1

Ini memang mobil yang dibuat cukup unik, karena semua bodinya terbuat dari bahan fiberglass. Mengapa Regal dibuat seperti ini? Haha, ternyata memang sengaja untuk menyiasati pajak dan perizinan sesuai dengan peraturan di Inggris. Di mana kendaraan  kompak beroda tiga tentu saja akan dikenakan pajak yang jauh lebih murah.

Reliant Regal 2

Nah, kehadiran mobil ini bukan hanya menjadi sebuah ikon otomotif saja. Namun juga mendapat tempat khusus dalam budaya populer Inggris, khususnya sebagai obyek humor yang selalu mendapat cercaan.

reliant_regal_1

Merunut ke sejarah, Reliant Regal dari 1953 sampai 1973 oleh Reliant Motor Company di Tamworth, Inggris, menggantikan sebelumnya Reliant Regent yang lebih mirip Bemo. Nah sebagai kendaraan yang diangap menjadi alat niaga ringan dengan tiga roda berkapasitas mesin kecil, maka kendaraan ini masuk ke lisensi sebagai sepeda motor di Inggris.

Reliant Regal

Setelah peluncuran Mk I pada tahun 1953, Regal melewati banyak revisi dalam waktu singkat , dengan “generasi pertama” menggunakan bingkai kayu asli. Desain ini bertahan hingga Mk VI 1961. Pada tahun 1962  Reliant memperkenalkan Mk VII berkode ” TW7 ” ( Three Wheeler 7 ). Versi ini menampilkan OHV mesin Reliant baru , sasis baja baru dan desain bodi terikat untuk tubuh dan sepenuhnya diperbarui secara wujud.

Reliant Regal 7

Pilihan mesin 600cc menghasilkan 25 tenaga kuda dan mesin 700cc menghasilkan 30 tenaga kuda.  Pada tahun 1973 , Regal digantikan oleh Reliant Robin (kode bernama “TW8”) .

P1050259

Reliant Motors memang sempat mengalami masa pasang surut, Regals MKI – MkVI awalnya memiliki bodi aluminium. Namun, selama tahun 1950an , harga aluminium meningkat tajam di seluruh Eropa . Sebagai tanggapan , Reliant mengembangkan keahlian dalam membuat panel serat kaca yang sepotong demi sepotong menggantikan panel aluminium , sampai akhirnya di 1956 Mark 3 Regal menampilkan bodi dari serat kaca sepenuhnya .

Reliant Regal 6

Regal Mk VI adalah Regal terakhir yang didukung oleh mesin side – valve , seperti pada 1962 Reliant telah mengembangkan sendiri semua aluminium cc mesin OHV mereka 600 yang dipasang ke dalam baru Regal 3/25 . Sementara itu, di 25 April 1968, setahun sebelum BMC merayakan penjualan Mini mereka di angka 2.000.000 unit.  Direktur penjualan Reliant TH Scott memproklamirkan  produk Regal ke 50.000 unit dari jalur perakitan Reliant di pabrik Tamworth.

Reliant Regal 4

Reliant Regals dan Robins menikmati sesuatu dari tempat khusus dalam budaya Inggris sebagai simbol eksentrisitas Inggris . Contoh dari Reliant adalah van ikonik milik Del Boy dan Rodney Trotter dalam berjalan lama BBC sitkom Hanya Fools and Horses . Reliant Regal yang paling sering tampil di tayangan televisi adalah Regal Supervan III. Dalam komedi TV Mr Bean,  Reliant Regal juga sering tampil ke dalam konflik. Tidak hanya itu, Supervan merah Reliant Regals juga muncul dalam program anak-anak berbahasa Wales bertajuk “Fan Goch”. Sementara yang teranyar, model dimaksud tampil pada film layar lebar terbitan Disney, Cars 2 yang tayang di tahun 2011 dalam karakter Perancis bernama Tomber.