Sebelumnya, Renault telah meluncurkan generasi keempat Megane compact dalam ajang Frankfurt Motor Show 2015. Tapi, ternyata produsen asal Perancis tidak berhenti sampai disitu, mereka telah mempersiapkan varian stasion wagon yang telah diuji untuk segera diperkenalkan pada tahun ini.

Seperti dikutip autoevolution, versi station wagon akan menggunakan nama Sport Tourer sebagai nama komersil mereka. Baru – baru ini jurnalis dari CarPix  telah mengabadikan prototipe awal Megane Sport Tourer yang sedang melakukan rangkaian pengujian di Northern Swedia. Seperti yang kita lihat, mobil telah ditutupi stiker body warna monochrome sehingga membuat kita sulit untuk menerka – nerka bentuk aslinya nanti.

Namun, dari sekilas pandang kita dapatkan dari gambar, terlihat jelas bahwa Sport Tourer akan menggunakan desain bagian depan yang sama dengan model compact. Para penguji telah sukses menyembunyikan profil mobil dengan baik. Hanya saja, ada yang menjadi sorotan para awak media untuk dikomentari. Terlihat jelas penambahan dimensi pada bagian overhang belakang yang membuatnya tampak terlihat lebih besar besar dari model stasion wagon generasi ketiga. Inilah hasil yang diinginkan para insinyur perakit saat mencari ramuan jitu dalam memodifikasi model compact ke arah stasion wagon.

Tak lupa, para perakit juga mendandani bagian yang sangat vital untuk sebuah stasion wagon yaitu ruang bagasi. Bentuk buritan jadi sedikit membulat berkat tambahan ruang untuk memfasilitasi kompartemen barang – barang keperluan keluarga. Selebihnya, Anda dapat menemukan model lampu, bumper belakang dan muffler knalpot yang sama seperti model hatchback. Belum ada informasi terkait spesifikasi teknis dan mesin, yang pasti mobil ini akan meluncur pada semester kedua tahun 2016 dan dimulai pemasarannya untuk konsumen di benua Eropa.

Sebagai bocoran, generasi keempat yang telah meluncur di Frankfurt lalu telah ditawarkan dengan dua varian mesin. Yaitu, dCI diesel dengan pilihan mesin bertenaga 90PS, 110PS dan 130, atau mesin bensin 1.2-liter TCe dengan kekuatan 100 Hp.