Mobil keluarga kompak, Renault Triber akhirnya resmi diluncurkan di India, Rabu (19/6) kemarin. Kendati berada di segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle), namun penampilannya mirip sebuah crossover dengan ornamen bodi yang kekar.

Mobil ini kemungkinan besar adalah jawaban dari janji PT Maxindo Renault Indonesia, Agen Pemegang Merek Renault di Indonesia yang akan menghadirkan sebuah MPV 7-penumpang dengan harga ‘murah’ di tanah air.

Dengan panjang bodi kurang dari 3 meter, Renault Triber punya konfigurasi tempat duduk tiga baris. Di India, mobil ini di banderol mulai 530 ribu Rupee atau setara Rp 108,5 juta. Mobil ini bakal jadi pesaing Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun GO+ yang saat ini sudah terlebih dahulu hadir di pasaran.

Menurut sumber media setempat, Renault Triber dipersenjatai dengan sumber tenaga 1.0 liter 3-silinder dengan kemampuan tenaga puncak mencapai 72 hp dan momen puntir 96 Nm. Kapasitas ini menjadi yang terkecil diantara para pesaingnya yang mengandalkan 1.2 liter.

Di India, Renault Triber diluncurkan dengan dua opsi transmisi, yakni manual 5-percepatan dan AMT (Automated Manual Transmission) 5-percepatan.

Belum jelas kapan PT Maxindo Renault Indoesia akan membawa mobil ini ke Indonesia. Namun menurut dugaan kami, kemungkinan besar Renault Triber untuk pasar Indonesia akan melantai perdana di ajang pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2018 pada 18 Juli mendatang.