Seiring dengan persetujuan Dorna menggelar MotoGP di Indonesia pada 2017, pemerintah pun sudah menyiapkan semua yang diperlukan untuk melancarkan jalannya balap motor paling bergengsi dunia ini di Tanah Air. Salah satunya adalah menggandeng Hermann Tilke, salah satu arsitek sirkuit ternama di dunia, untuk menjadi juru kunci renovasi sirkuit Sentul tahun depan.
Hermann Tilke dikenal luas sebagai pria yang bertanggung jawab atas semua sirkuit bergengsi di dunia, terutama untuk Formula One. Kelahiran Olpe, Jerman 60 tahun silam ini merupakan otak di balik Sepang International Circuit, Marina Bay Street Circuit sampai yang terbaru di Sochi Autodrom dan  Chang International Circuit. Dia adalah satu dari empat desainer yang diakui oleh Federasi Olahraga Motor Internasional FIA yang kerap menyertakan karakter negara tuan rumah ke dalam kreasinya.
Presiden Direktur Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto mengatakan bila Tilke akan merombak desain lama Sentul menjadi sirkuit jalanan. Renovasi akan memperpanjang sirkuit 4.2 km dan menambah jumlah tikungan dari 11 menjadi 14.
“Ini (Sentul) akan melewati perumahan dan area komersial. Sebuah hotel akan dibangun persis di samping sirkuit jadi para tamu bisa menonton balapan dari kamar persis seperti di Grand Prix Monako,” Ujar Tinton.
Renovasi Tilke akan dimulai Desember ini dan pembangunan akan digalakkan per Maret 2016. Ini akan menjadi babak kedua penyelenggaraan MotoGP di Indonesia usai yang pertama di 1997.