2019 lalu, Sentul International Karting Circuit melakukan pembenahan besar-besaran agar fasilitas balap gokart kebanggaan Indonesia ini benar-benar memiliki taraf internasional, seperti namanya. Tahun ini, kerja keras pengelola Sirkuit Gokart Sentul membuahkan hasil, renovasi di banyak sektor yang dilakukannya setahun lalu membawa tingkat sirkuit ini menjadi Grade B, alias lulus komisioning CIK-FIA (Commision Internationale de Karting – Fédération Internationale de l’Automobile) atau federasi balap karting dunia untuk menggelar kejuaraan internasional.

Dibawah kendali operasional baru, PT Sarana Lintasan Indonesia (SLI), Sentul International Karting Circuit kini dikelola oleh insan-insan yang telah banyak makan asam garam di dunia karting Indonesia. Seperti Kemas Haikal, Firhand Ali, Rifat Sungkar dan Haridarma Manoppo. Mereka semua sepakat bahwa Sirkuit Gokart Sentul harus menjadi sarana terbaik untuk memfasilitasi pengembangan bibit baru pembalap tanah air.

Mewakili PT SLI, Rifat Sungkar menyampaikan, pengembangan Sentul International Karting Circuit merupakan keinginan bersama dari para pelaku olahraga gokart untuk masa depan generasi penerus dari mereka yang telah berkecimpung di cabang olahraga ini.

“Seperti kita tahu, gokart merupakan dasar dari olahraga balap. Sehingga banyak anak-anak dan remaja yang harus bisa mendapatkan tempat yang layak untuk berkompetisi,” ujar Rifat yang masih aktif di cabang olahraga reli ini.

Menurut Dony Sarwono, Ketua Komisi Karting PP IMI (Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia), pembaruan yang dilakukan oleh pengelola Sirkuit Gokart Sentul telah menyeluruh. Mulai dari pengaspalan ulang lintasan sejauh 1,2 km, perbaikan pada sisi curb dan gravel, fasilitas paddock hingga pemasangan pagar pengaman yang dapat meredam benturan. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan akreditasi sirkuit ini di mata CIK-FIA untuk menggelar kompetisi internasional.

Berkat pembenahan yang dilakukan oleh pengelola baru, Sirkuit Gokart Sentul berhak untuk menggelar kompetisi Asian Karting Open Championship (AKOC) 2020 sebagai seri pembuka pada pekan depan, 14 – 16 Februari 2020 mendatang. Keputusan ini datang setelah federasi karting internasional CIK-FIA datang untuk melakukan inspeksi pada sirkuit ini.