Seketika jalan raya Petogogan yang biasanya gelap sepi berubah menjadi ramai dan bising oleh suara knalpot. Di sana tidak ada balap liar ataupun tindak kriminal, hanya saja pada malam hari tepatnya pukul 19.00 tanggal (27/01) kemarin, komunitas motor besar yang tergabung dalam Riders Association of Triumph (RAT) sedang merayakan hari jadinya yang ke-1 di Paviliun 28.

Saat TheGaspol sampai, jajaran Triumph sudah menyambut hangat kedatangan kami. Di display telah mejeng motor petualang macam Tiger 800, tipe classic seperti Bonneville dan Thruxton ataupun model cruiser yang diramaikan oleh Thunderbird Storm. Semua varian yang dihadirkan, cukup membuat kemacetan kala tiap pasang mata coba menoleh ke arah parkir Paviliun yang juga dikenal dengan sebutan sinema kafe.

Riders Association of Triumph 3

Puas mengabadikan momen di area parkir, kami pun  memutuskan untuk masuk dan menyapa para kerabat RAT yang sudah berkumpul. Tawa canda nampak tercurah dari wajah – wajah para anggota, meski terlihat lelah karena dijejali kesibukan harian, mereka tetap menyempatkan diri untuk menghadiri acara ulang tahun ini.

Sekitar 10 menit kami di dalam, acara pun dimulai. Namun, cuaca sedang tidak bersahabat kala itu, hujan turun tanpa kompromi. Sebagian anggota yang kabarnya masih melakukan riding menuju venue mulai mengabarkan kondisi mereka pada kerabat yang sudah sampai. Dengan sepakat, acara pun tetap dimulai dengan pengenalan para anggota yang hadir.

Riders Association of Triumph 1

Dalam acara ulang tahun pertamanya, RAT yang juga didukung penuh oleh PT Triumph Motorcycles Indonesia (TMI) berkesempatan meluncurkan member card yang langsung dibagikan para anggota komunitas yang hadir. “Kartu anggota ini dapat meberikan keuntungan pada pemiliknya, para member RAT berhak mendapatkan discount 20% untuk pembelian spare parts dan aksessoris,” ucap Paulus B. Suranto pada TheGaspol.com

Disela – sela acara potong tumpeng, kami pun berkesempatan menanyakan harapan kedepan RAT pada Ketum pertama, M. Kadhafi Mukrom. Beliau mengatakan, “kami baru terbentuk satu tahun, kehadiran Triumph di Indonesia pun dapat dikatakan baru, oleh sebab itu kami masih ingin mengembangkan jumlah anggota dan berencana melakukan touring ke diler – diler resmi kami di luar Jakarta yang kini terdapat di Serpong, Bali, Bandung dan Surabaya.

Riders Association of Triumph 4

Kabarnya, RAT akan mengadakan acara akbar pada akhir Februari atau awal Maret mendatang untuk menandakan eksistensi mereka di dalam komunitas pecinta motor besar. Well, kita tunggu saja..