Setelah vakum dari kompetisi balap open wheeler sejak karirnya berhenti bersama tim Manor Racing di Formula 1, Rio Haryanto akhirnya kembali akan turun membesut mobil balap Formula di tes pramusim Formula E di Spanyol. Atas undangan penyelenggara balapan, Rio dijadwalkan akan melakukan sesi tes di lintasan Sirkuit Ricardo Tomi, Valencia, Selasa (3/10).

Formula E merupakan kejuaraan balapan mobil open wheeler internasional yang menggunakan sumber pacu bertenaga listrik. Sejak kehadirannya di 2014 lalu, gelaran Formula E menarik perhatian para produsen mobil untuk memperkenalkan mobil listrik mereka.

Nama-nama pabrikan terkenal seperti Renault, Audi, Jaguar, dan DS Automobiles turut berpartisipasi di ajang balap Formula listrik ini. Kendati sepanjang balapan digelar minus suara bising raungan mesin, namun Formula E tetap menyuguhkan tontonan menarik berkat penggunaan jalan raya sebagai sirkuit non permanen di setiap venue-nya, seperti di Roma, Paris, Berlin dan New York.

“Formula E selalu menyuguhkan kompetisi yang ketat dan dengan banyaknya pabrikan yang bergabung, tampaknya kejuaraan ini akan terus tumbuh di seluruh dunia,” papar Rio. Pembalap kelahiran Solo, Jawa Tengah tersebut menyampaikan antusiasmenya dalam tes pramusim tersebut. Ia merasa balaapan ini menarik setelah dirinya kerap menyaksikan pertandingannya di televisi.

Pendiri balapan sekaligus CEO Formula E, Alejandro Agag, pun menyambut baik keputusan Rio Haryanto untuk melakukan tes di kejuaraan balapan yang dikelolanya tersebut. “Saya sangat menantikan Rio untuk berada di balik kemudi mobil Formula E yang sepenuhnya bertenaga listrik untuk pertama kalinya di Valencia pekan ini,” ujar Alejandro Agag.