Segelintir pebalap Indonesia yang bertarung di berbagai disiplin olahraga bermotor mancanegara tidak membuat bumi pertiwi minim prestasi. Setidaknya hal tersebut dibuktikan oleh kegemilangan Rio Haryanto di ajang balap GP2 Series. Pebalap muda yang bertarung di ajang ini sejak 2012 silam berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (21/6) tadi.

Rio-Haryanto-GP2-Series-1

Lepas melakukan start sempurna dari urutan dua, Rio langsung merangsek ke depan dan mengasapi Nick Yelloly yang memulai balap dari posisi terdepan. Hingga akhirnya di putaran 14, pebalap asal Surakarta ini mengalami insiden dengan Artem Markelov yang menempelnya setelah Yelloly bertabrakan dengan Alexander Rossi.

Rio-Haryanto-GP2-Series

Dengan kondisi sayap depan rusak, Rio masih mampu bertahan di urutan terdepan kendati terus mendapat tekanan dari Stoffel Vandoorne yang memanfaatkan teknologi Drag Reduction System (DRS). Posisi satu-dua ini terus berlangsung hingga berakhirnya balapan di lap ke 28. Ini merupakan kemenangan yang kedua bagi Rio Haryanto setelah menjadi kampiun di Bahrain.

Rio-Haryanto-GP2-Series-3

“Kunci kemenangan kali ini ada pada start saya yang berlangsung dengan baik. Meski demikian, balapan masih tersisa 28 lap. Saya mencoba membangun jarak di depan namun cukup sulit karena mobil di belakang yang berjarak kurang dari satu detik selalu menggunakan DRS. Saya sangat bahagia dengan hasil hari ini,” jelasnya.