20130214_rollsroycesilvershadow

Andy Warhol adalah salah satu artis yang sangat terkenal di abad ke-20 ini. Dengan karya terkenal macam kaleng sop Campbell dan potret Marilyn Monroe buatannya, dia adalah nama yang selalu dapat terasosiasi dengan gerakan pop art yang populer saat itu.

Meskipun bukan antusias otomotif, ternyata Warholl juga suka mengoleksi mobil alias kendaraan roda empat. Seperti yang diketahui, dirinya pernah memiliki BMW M1 art car, dan sekarang, muncul penawaran di eBay motors untuk mobil bekas Warholl yaitu, 1974 Rolls-Royce Silver Shadow.

Mengacu pada sang penjual, Warholl diketahui tidak pernah memiliki ijin mengemudi, tapi dia ingin sekali memiliki mobil mewah. Maka dari itu, dia sering mengajak teman baiknya yang juga terkenal termasuk Jacqueline Kennedy Onassis berkililing Rolls.

Setelah menghembuskan nafas terakhir pada 1987, mobil mewah 1974 Rolls-Royce Silver Shadow milik Warholl itu pun dilelang dengan harga 77.000 USD dan langsung laku oleh orang yang tidak ingin diketahui namanya. Harga ini pun menjadi catatan tersendiri untuk Rolls-Royce karena hingga saat ini, tidak ada tawaran lebih dari 89.000 USD untuk mobil asal Inggris tersebut.

Rolls milik Warholl ini punya warna Walnut dan Manson Black yang memiliki tampilan lebih ke coklat tua seperti Nampak pada foto dengan interior warna hitam di dalamnya. Urusan tenaga, mobil ini punya mesin 6,75 liter V8 dengan transmisi otomatis tiga percepatan.

Baru menempuh jarak 56.000 mil, penjualan mobil ini juga termasuk perlengkapan original dari Rolls-Royce yang ada saat mobil ini baru pertama dibeli, catatan pembelian oleh Warhol Enterprises beserta catatan service mobil.