“Ghost pertama buatan Goodwood adalah sebuah tanggapan terhadap klien generasi baru, baik dalam usia maupun sikap. Klien pria dan wanita ini menyarankan untuk tipe yang sedikit lebih kecil dan tidak terlalu mencolok untuk memiliki Rolls-Royce,” sebut Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive Officer, Rolls-Royce Motor Cars.

Itulah hal paling mendasar atas diciptakannya Rolls-Royce Ghost pada 2009 lalu. Setelah satu dekade berjalan, Rolls-Royce Motor Cars yang bermarkas besar di West Sussex, Inggris kemudian merilis generasi terbarunya. Indonesia terpilih menjadi salah satu negara penyelenggara World Premiere of The New Rolls-Royce Ghost, di Fairmont Hotel, Selasa (1/9).

Prosesi peluncuran sendiri terhubung secara online kepada representative Rolls-Royce di Singapura dan markas besar Rolls-Royce di Inggris.

Sedan super mewah ini disebut merupakan Rolls-Royce paling canggih secara teknologi sepanjang 116 tahun sejarah perjalanannya. Segala sesuatu yang lain dirancang, dibuat, dan direkayasa dari bawah ke atas demi memenuhi ekspektasi konsumennya yang baru, para eksekutif muda tanpa perlu pengakuan dari gaya pakaian bertuksedo.

Rolls-Royce Ghost mengandalkan mesin V12 turbo 6.7500 cc dengan sistem AWD dan All Wheel Steering. Mesin itu mampu menghamburkan tenaga hingga 563 ps dan torsi sampai 850 Nm dengan proporsi peletakkan distribusi gravitasi yang seimbang. Semua roda digerakkan melewati transmisi 8 percepatan ZF yang dilengkapi dengan Rolls-Royce’s Satellite Aided Transmission system. Sistem ini memungkinkan mobil untuk menentukan gir yang cocok untuk melewati medan tertentu.

Yang menarik, terdapat fitur inovatif Rolls-Royce Ghost lainnya ada pada bagian kaki-kakinya yang menggunakan Planar Suspension System. Sistem ini menggunakan kamera untuk membaca jalan dan menyiapkan tekanan suspensi yang tepat ketika melibasnya. Planar Suspension System terintegrasi dengan Magic Carpet Ride suspension system, self-leveling, dan high-volume air suspension technology.

Tak hanya itu, Rolls-Royce telah mengembangkan lebih lanjut pintu self-closing yang memungkinkan pemilik untuk membuka pintu dengan satu tarikan pegangan interior serta memberikan bantuan tenaga saat membuka. Ketika pintu terbuka sedikit, pemilik sudah dapat melepaskan pegangan dan penahan pintu akan otomatis aktif. Dengan menekan tombol pada pegangan pintu di luar, pintu akan menutup secara otomatis.

Di dalamnya, Rolls-Royce telah mengembangkan ruang yang sangat senyap sekali. Hampir tidak ada sumber suara tidak penting yang dapat mengganggu penumpang di dalamnya. Selain itu, Ghost sudah mencakup sistem canggih seperti bantuan penglihatan pejalan kaki dan hewan liar siang dan malam hari, empat kamera dengan panoramic view, all-round visibility dan helicopter view, active cruise control, collision warning, cross-traffic warning, lane departure and lane change warning, Wi-Fi hotspot, dan self-parking.

Di Indonesia, Rolls-Royce Ghost generasi terbaru ini dikabarkan dijual dengan harga mulai Rp 4,8 miliar (off the road) oleh Eurokars Group Indonesia dengan masa produksi personalisasi selama enam bulan.