Rolls-Royce belum lama ini memperkenalkan satu lagi sebuah coupe super mewah berbasis Phantom dengan identitas Rolls-Royce Sweptail di Tivoli, Italia. Bintang tamu spesial dalam gelaran Concorso d’Eleganza Villa d’Este 2017 ini, disebut-sebut sebagai mobil termahal di dunia yang pernah ada.

Berbagai sumber menyebutkan, Rolls-Royce Sweptail dibanderol dengan harga US$ 12,8 juta hingga US$ 13 juta, dengan personalisasi khusus. Jika di Rupiahkan, harganya setara dengan sekitar Rp 166 miliar hingga Rp 173 miliar untuk menebusnya. Banderol ini bahkan lebih mahal sekitar US$ 3 juta dari sebuah Lykan Hypersport Bugatti Chiron atau Koenigsegg CCXR Trevita yang kini menyandang predikat sebagai salah satu mobil termahal di dunia.

Rolls-Royce sendiri memang belum melansir harga resmi dari Sweptail ke konsumennya. Namun tanpa bantahan, Chief Executive Officer Rolls-Royce Motor Cars, Torsten Muller-Otvos mengatakan kalau coupe super mewah ini memang akan sangat mahal.

Lantas apa yang membuat banderolnya jadi selangit? Sudah barang tentu, sebagai produsen mobil mewah dari zaman ke zaman, Rolls-Royce memperhatikan betul detail setiap inci di seluruh produknya.

Di sisi eksterior, Rolls-Royce Sweptail yang dibangun menggunakan satu basis yang sama dengan  Phantom Coupe mengambil inspirasi desain dari Rolls-Royce klasik lansiran 1920-an – 1940-an. Sisi depan panjang yang identik dengan mesin berkonfigurasi silinder V12 6.75 liter berpadu dengan sisi buritan yang landai khas Rolls-Royce klasik.

Bukalah suicide doors khas Rolls-Royce dan masuk kedalam kabinnya. Kenyamanan dan kemewahan paripurna dari Sweptail akan menyambut setiap langkah Anda hingga benar-benar terbenam di jok dengan lapisan kulit yang lembut berinisial RR.

Desain interiornya mengadopsi kabin sebuah Yacht mewah yang biasa digunakan kaum the have berlibur di pulau Karibian atau perairan Monte Carlo. Bukalah atap kaca panoramiknya saat berkendara, Anda akan merasakan sensasi menikmati sebuah kapal pesiar diatas empat roda berlingkar 21 inci.

Butuh Champagne? Tinggal tekan sebuah tombol yang terletak diantara dua kursi depan dan sebuah motor elektris akan naik menyodorkan botol dan gelasnya untuk Anda dan pasangan dari bawah. Betul-betul mobil yang romantis.

Bagian aksesori pendukung juga mendapat sentuhan yang berbeda dari basisnya, Phantom coupe. Seperti lampu depan dan belakang LED model baru, grill kotak ekstra besar dan juga desain bumper yang modern namun tetap mempertahankan citra aristokrat khas Rolls-Royce.

“Sweptail merupakan mobil sangat luar biasa. Mobil ini mampu memberikan romantisme dalam perjalanan dan sangat cocok untuk digunakan dalam perjalanan keliling dunia. Ini menjadi bukti Rolls-Royce sebagai coachbuilder terkemuka di dunia,” ujar sang CEO, Torsten Muller-Otvos.