Pabrikan motor Royal Enfield kembali mengumumkan komitmennya untuk pasar di wilayah Asia Tenggara. Bentuk komitmennya kali ini dengan mengoperasikan pabrik perakitan di negara Thailand. Yang mana nantinya produksi di Thailand akan diekspor ke beberapa negara Asia termasuk Indonesia.

Mulai beroperasinya pabrik ini menambah fasilitas perakitan dari Royal Enfield yaitu Argentina, Kolombia, Thailand, selain itu juga manufacturing di Chennai India. Selain akan melayani konsumen di Thailand, unit perakitan ini akan beroperasi sebagai pusat distribusi untuk semua negara lain di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Vietnam dan lain lain.

Terpilihnya Thailand sebagai salah satu basis produksi karena volume penjualan di Thailand meningkat dua kali lipat di tahun 2019. Saat ini di pabrik Thailand motor yang akan dirakit yaitu model Himalayan, Interceptor 650 dan Continental GT 650. Menjdi catatan sejarah pasalnya operasional Ini merupakan yang pertama kali sepeda motor Royal Enfield akan dirakit dan diproduksi di kawasan Asia Pasifik, di luar fasilitas manufaktur perusahaan di Chennai, India.

“Dengan pandangan strategis untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi permintaan yang terus meningkat, kami telah mengerjakan rencana kami untuk mendirikan unit perakitan lokal di pasar prioritas yang dimulai dengan Argentina pada tahun 2020 dan kemudian Kolombia pada awal tahun ini. Melanjutkan perjalanan ini dan menandai yang pertama bagi kami di kawasan Asia Pasifik, kami sangat senang mengumumkan dimulainya operasi di pabrik perakitan CKD di Thailand,” ujar Vimal Sumbly, Business Head for APAC markets, Royal Enfield,

Menurutnya dengan basis konsumen yang berkembang di Asia Pasifik, dan jaringan ritel yang signifikan di kawasan ini, unit perakitan lokal yang baru akan menjadi pendorong penting bagi pertumbuhan bisnis Royal Enfield di Asia Tenggara.