Di berbagai benua Toyota Hilux telah berhasil membangun kredibilitas sebagai kendaraan pick up yang handal. Tak terkecuali di Afrika Selatan, dimana penjualan Hilux telah menembus angka lebih dari satu juta pengiriman pada Juli 2015 silam. Untuk merayakanya, Toyota Afsel membangun Hilux dengan spek  yang siap untuk turun balap.

455-Horsepower Toyota Hilux 2

Bos Toyota Motorsport Glyn Hall memulai pembangunan mobil ini dengan menaruh mesin milik Lexus IS-F. Kehadiran mesin V8 itu di balik hood­­-­nya membuat Hilux ini punya jantung pacu yang sama dengan truk-truk balap Toyota. Inlet manifold dengan spesifikasi Dakar juga ikut disematkan. Termasuk wiring harness dan sistem manajemen mesin Pectel Cosworth yang terhubungan dengan panel instrumen eleketrik AIM.

455-Horsepower Toyota Hilux 6

“Tapi Anda tidak tidak bisa memasukkan semua power tanpa memastikan kendaran itu mampu mengendalikannya,” saran Hall. Maka, ia juga banyak melakukan ubahan pada sektor kaki-kaki dengan merendahkan ground clearance Hilux tersebut sebanyak 50mm dan melakukan peningkatan komponen.

455-Horsepower Toyota Hilux 5

Setelah semuanya rampung, Hilux V8 ini diharapkan bisa jadi gambaran akan pick up street legalyang punya kemampuan motorsport. Kalau dihitung-hitung, harga Hilux ini setelah mendapat peningkatan layaknya mobil balap Dakar harganya bisa mencapai $72.000 atau sekitar Rp 1 miliar lebih.

455-Horsepower Toyota Hilux 4

Perlu diketahui, tidak hanya di sektor industri, nama Hilux juga harum di lintasan balap. Pada ajang cross country Afrika Selatan Toyota Hilux berhasil menyabet gelar manufaktur pada tujuh balpan terakhir. Sama halnya dengan keikutsertaannya di balap Dakar. Mantan juara Ginie de Villiers telah menggunakan Hilux sejak balap Dakar musim 2012.