Di kelas sepeda motor, stage 1 Dakar Rally 2018 yang menjadi bagian pembuka reli terpanjang di dunia ini dimenangkan Sam Sunderland, pembalap Red Bull KTM Factory. Pada etape pertama ini, para peserta dituntut untuk menyelesaikan jarak tempuh sejauh 242 km sebelum menuju rute terberat di Bolivia.

“Saya bersenang-senang hari ini, mulai dari podium keberangkatan itu sangat menyenangkan lalu melewati 200 km rute dan melewati bukit pasir di SS sejauh 30 berjalan dengan baik – motornya terasa nyaman dan saya merasa sangat nyaman,” kata Sunderland.

Pereli Inggris pertama juara Dakar Rally 2017 ini berharap bisa konsisten di stage selanjutnya. “Besok akan menjadi lebih sulit, tapi jika saya bisa tetap konsisten dan tidak membuat kesalahan, saya mengharapkan hasil bagus lainnya,” katanya.

Reli Dakar 2018 resmi dimulai dibuka Sabtu (6/1/2018). Balapan paling ganas ini akan berlangsung selama 14 hari mulai 6-20 Januari 2018, melintasi 3 negara yakni Peru-Bolivia-Argentina dengan jarak sepanjang 8.500 km untuk kelas sepeda motor.

Reli Dakar 2018 dimulai dari ibu kota Lima, Peru, menuju ke daerah pantai Samudera Pasifik bernama Pisco, Peru sejauh 242 km. Etape pertama ini cukup pendek untuk seri pembuka dan dimanfaatkan oleh peserta sebagai pemanasan sebelum masuk ke etape selanjutnya.